Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:15

Dapatkan 9 Manfaat Luar Biasa dari Buah Nanas

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Manfaat buah nanas untuk kesehatan sangat luar biasa [Foto: polri.go.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Buah Nanas memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Sehingga sangat dianjurkan mengonsumsi buah nanas setiap saat, terlebih lagi nanas merupakan buah tropis yang tidak mengenal musim.

Nanas adalah buah yang tergolong rendah kalori namun memiliki nutrisi yang berlimpah. Sebagai perbandingan, dalam satu potongan nanas seberat 165 gram mengandung serat 2,3 gram dan lemak 1,7 gram. Dalam ukuran yang sama, nanas juga memiliki kandungan vitamin C sebesar 131 persen kebutuhan harian tubuh, mengan, tembaga, folat, kalium, magnesium, niasin, zat besi, dan vitamin A.

Baca juga: Self Healing: Keajaiban Mengingat Allah dan Tinjauan Ilmiahnya

Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.  Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan metabolisme, dan memiliki sifat antioksidan.

Berikut ini manfaat nanas untuk kesehatan dikutip dari Healthline, yang sudah dibuktikan:

1. Mengurangi bengkak dan nyeri

Manfaat nanas adalah mengurangi bengkak dan nyeri setelah operasi, terutama operasi gigi. Pasalnya, nanas mengandung bromelain.  Enzim yang satu ini tak hanya baik untuk saluran cerna, tetapi juga dapat meredakan bengkak, memar, dan nyeri baik karena cedera otot maupun radang sendi.

2. Mencegah flu

Manfaat nanas untuk kesehatan juga bisa mencegah flu karena mengandung vitamin C. Vitamin C yang tinggi dalam nanas madu menjadikan buah ini baik  untuk meningkatkan imunitas agar tubuh tidak mudah sakit.  Jika asupan vitamin C harian tercukupi, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga mudah mencegah dan melawan penyakit, termasuk flu.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan berikutnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein, seperti menjadi asam amino dan peptida.

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Ini dapat sangat membantu bagi orang dengan gangguan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

Bromelain yang terdapat dalam nanas juga banyak digunakan sebagai pelunak daging karena kemampuannya memecah protein daging yang keras. Itu sebabnya, manfaat nanas juga seringkali dipakai dalam memasak daging agar lebih lunak.

4. Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya biasanya terkait dengan peningkatan jumlah radikal bebas dan peradangan kronis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat menurunkan risiko kanker.

Ini karena manfaat buah nanas dapat meminimalkan senyawa oksidatif dan mengurangi peradangan. Salah satunya adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Studi telah menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu melawan kanker.

5. Meningkatkan imunitas

Manfaat buah nanas untuk kesehatan juga terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Selain itu, anak-anak yang makan nanas memiliki hampir empat kali lebih banyak sel darah putih yang melawan penyakit (granulosit) daripada dua kelompok lainnya.

Studi lain menemukan bahwa anak-anak dengan infeksi sinus pulih secara signifikan lebih cepat saat mengonsumsi suplemen bromelain, dibandingkan dengan pengobatan standar.

6. Meringankan gejala arthritis

Radang sendi atau artritis adalah peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi, sehingga menyebabkan sendi menjadi kaku. Ada banyak sekali manfaat nanas untuk kesehatan dalam pengobatan radang sendi. Karena nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, umumnya dianggap dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi.

Baca juga: Terapkan Gaya Hidup Sehat, Kemenkes Rencanakan Cek Kesehatan Berkala Bisa di Posyandu

7. Mempercepat pemulihan pasca operasi

Manfaat makan buah nanas juga bisa mempercepat pemulihan orang yang baru saja dioperasi. Ini sebagian besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi.

Bromelain diyakini mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

8. Jadi menu diet

Nanas memiliki rasa asam manis sehingga cocok untuk tambahan makanan. Harga nanas juga sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di pasar.

9. Mencegah penuaan dini

Radikal bebas berlebih dalam tubuh dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini di kulit. Kondisi tersebut ditandai dengan kulit keriput dan flek hitam.

Untuk mencegah penuaan kulit akibat radikal bebas, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti nanas madu.  Manfaat nanas dalam mencegah penuaan kulit juga bisa diperoleh dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen dan mencegah hiperpigmentasi pada kulit. (kontan.co.id)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!