Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 20:23

Waspada! Banjir Rob Rendam Kawasan Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Keadaan Banjir [Foto: KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR]

Banjarmasin, mu4.co.id – Banjir rob melanda sebagian wilayah Banjarmasin. Jalan aspal hingga halaman rumah warga terendam. Seperti di jalan Kelayan B, ketinggian air mencapai 20-25cm. Fenomena ini sudah berlangsung selama 2 malam terakhir.

“Mulanya air akan pasang pada sore hari, kemudian perlahan surut pada jam 11 malam. Setelah itu, banjir naik lagi sampai subuh,” ungkap Amrodi Ahmad, Ketua RW 02 di Kelayan B, Jumat (23/12/2022).

Lewat video yang beredar di grup WhatsApp, Amrodi Ahmad menyayangkan dampak banjir terhadap pedagang di pinggir jalan. “Tidak ada pembeli datang karena banjir rob ini. Kasihan para pejuang rupiah yang sedang mencari rezeki.” Ia berharap agar segera ada tindakan maupun bantuan dari Dinas PUPR.

Masyarakat diminta waspada dan menyiapkan barang yang harus dibawa apabila kemungkinan buruk terjadi. Misalnya seperti senter, powerbank untuk ponsel, obat-obatan, makanan dan minuman yang mudah dibawa, hingga dokumen penting (KK, Akta Kelahiran, Ijazah, dan surat lain) dalam satu wadah kering.

Air merupakan penghantar listrik yang baik. Agar tidak tersengat, jangan sentuh barang elektronik yang basah. Jauhi tiang dan gardu listrik saat banjir. Matikan, cabut, atau pindahkan peralatan elektronik yang terendam apabila air sudah masuk ke dalam rumah. Pastikan tidak ada kabel terminal stop kontak di lantai.

Hati-hati terhadap binatang seperti ular dan biawak yang bisa saja memasuki rumah saat banjir.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!