Media Berkemajuan

14 Juni 2024, 11:03

Universitas Lambung Mangkurat Gelar Dies Natalis ke-64

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Dies Natalis Universitas Lambung Mangkurat ke-64

Banjarbaru, mu4.co.id – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar Dies Natalis ke-64 pada Rabu, (21/9/2022). Acara tersebut bertempat di Auditorium ULM Banjarbaru. Dihadiri Ketua Senat, Anggota Senat, Rektor dan Wakil Rektor, Guru Besar, Gubernur yang diwakili Staf Ahli Gubernur, Wakil Ketua DPRD Kalsel, Bupati dan Walikota se-Kalsel, Founding Father ULM, Non Guru Besar, Ketua BEM, Ketua UKM, Mitra ULM, Mahasiswa dari 64 Perguruan Tinggi Negeri berbeda datang khusus untuk acara ini, dan para tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara dimulai dari Ketua Senat dan anggota memasuki auditorium ULM, menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars ULM, Mengheningkan Cipta, dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Terbuka Senat oleh Ketua Senat.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Sidang Terbuka Senat dengan acara Dies Natalis Universitas Lambung Mangkurat ke-64, tanggal 21 September 2022, Saya nyatakan dibuka,” ujar Prof. Dr. H. M. Hadin Muhjad, S.H., M. Hum sambil mengetuk palu.

Usai pembukaan, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan doa, penayangan video profil ULM, kemudian pidato Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.

Dalam pidatonya ia menyebutkan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan Universitas Lambung Mangkurat mencakup 3 hal. Pertama, perubahan paradigma baru yang dipicu perkembangan teknologi nan cepat. Kedua, dalam penyelenggaraan perguruan tinggi dengan telah terbitnya SK BLU. Ketiga, persaingan ketat, baik dari Perguruan Tinggi dalam maupun luar negeri.

“Dalam rangka mengantisipasi perubahan yang terjadi dan menghadapi tantangan tersebut, ULM harus mempunyai visi jangka panjang. Sejak tahun 2015, sudah disusun visi ULM. Yakni, terwujudnya ULM sebagai Universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah,” kata Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.

Ia juga menambahkan selama delapan tahun, 2014-2022 terjadi peningkatan dari segala aspek yang merupakan hasil dari kerja keras civitas akademika ULM. “Saya kira ini lompatan besar yang telah kita lakukan pada periode tersebut. Kita mendapatkan dana hibah dari Islamic Development Bank sehingga kita mendapatkan 12 gedung baru, memperbaiki fasilitas, sarana dan prasarana, peningkatan kualitas dosen, kegiatan penelitian dan lain-lain.”

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalsel kepada ULM, sebesar Rp3.344.000.000. Bantuan pemerintah diserahkan langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan, Ir. Dr. H. Suparno, M.P.

Bantuan tersebut dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Dokter, bantuan untuk tenaga pendidik yang menempuh pendidikan program Doktor, serta pengembangan sumber daya tenaga kependidikan dan pemeliharaan sarana prasarana kampus ULM.

Dilanjutkan sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur. Dalam sambutan tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh civitas akademika, mahasiswa, dan seluruh alumni ULM yang saat ini sedang menyelenggarakan Dies Natalis ke-64.

Kemudian dilakukan penyerahan cendera mata berupa karya dan tulisan dari Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, kepada staf ahli gubernur, rektor ULM, ketua senat, ketua ikatan alumni, dan mahasiswa atas nama Fatimah. Pada acara Dies Natalis ini, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Di Era Disrupsi Industri 4.0, Perubahan Iklim, Dan Dinamika Geopolitik Global Yang Kian Dinamis”.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan dan apresiasi dari Universitas Lambung Mangkurat kepada dosen dan tenaga kependidikan yang purna tugas, mengabdi terus menerus selama 30 tahun, menyelesaikan program doktor, dan yang diangkat dalam Jabatan Akademik/Fungsional. Apresiasi dan penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa/i berprestasi pada kompetesi nasional yang dilaksanakan oleh Puspresnas. Diakhiri dengan pemberian doorprize berupa laptop untuk mahasiswa yang beruntung.

Reporter: Yaya dan Alfina.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!