Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 07:39

Penampakan Gambar Peta Dari 15.000 Tahun Lalu

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Salinan dari Peta yang Digambar di Atas Gading Mamut [Foto: infoukes.com via historyofinformation.com]

Ukraina, mu4.co.id — Peta tertua di dunia ditemukan di situs bernama Mezhirich, Ukraina. Peta tersebut diperkirakan berasal dari 15.000 tahun lalu. Uniknya peta itu tidak digambar di batu, kulit hewan, atau daun, melainkan di atas gading mamut (mammoth).

Dilansir dari id.wikipedia.org, mamut atau mammoth adalah spesies gajah purba yang telah punah. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada gajah normal yang ada di dunia saat ini. Gadingnya melingkar membentuk kurva ke arah dalam serta memiliki rambut panjang. Mereka hidup dalam masa Pleistosen sejak 1,6 juta tahun lalu sampai sekitar 10.000 tahun lalu.

Baca Juga: Begini Wujud Kuburan Tertua di Dunia Milik Manusia Purba

Ilustrasi Peta di Atas Gading Mamut [Foto: Petr Novák, Wikipedia]

Goresan garis lurus dan zig-zag pada gading diduga untuk menunjukkan fitur tipografi. Tampak digambarkan sungai di bagian bawah peta pertama, dan tanda gunung atau bukit telah ditempatkan di bagian atas. Di tengah-tengah sungai dan gunung terdapat gambar garis kecil yang terlihat seperti rumah atau gubuk.

Baca Juga: Heboh Kalung Emas dengan Gigi Megalodon Ditemukan dalam Bangkai Kapal Titanic

Para ahli yakin goresan di gading itu bukan lukisan biasa, melainkan sebuah peta. Penyajiannya lugas, garis dilukis tegas, tak melengkung, dan tidak terlihat menceritakan atau merepresentasikan sesuatu.

Dalam penggalian situs tersebut, peneliti juga menemukan tulang mamut lain.

Sumber: merdeka.com (Yobel Nathania)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!