Media Berkemajuan

26 Februari 2024, 06:52

Pejabat AS, Inggris dan Eropa Tandatangani Pernyataan Tolak Perang Israel di Gaza

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Salah satu demonstran menentang kebijakan perang di Gaza membawa sebuah boneka berwajah Joe Biden Presiden AS yang bertulisakan "Genocide Jeo" [Foto: suarasurabaya.net]

Washington, mu4.co.id – Sebanyak 800 pejabat Amerika Serikat (AS), Inggris dan Uni Eropa menandatangani surat terbuka yang memperingatkan Israel terkait kebijakan mereka dalam perang di Gaza yang disebut-sebut sebagai ‘salah satu bencana kemanusiaan terburuk abad ini’, Jumat (02/02/2024).

Disampaikannya pernyataan itu karena para pejabat tersebut khawatir pemerintahan mereka berisiko terlibat dalam perang di Gaza. Mereka mengatakan ini adalah tugasnya sebagai pegawai negeri untuk berbicara secara terbuka guna mengubah kebijakan negaranya terhadap Israel.

“Kebijakan pemerintah kita saat ini melemahkan moral mereka dan melemahkan kemampuan mereka untuk membela kebebasan, keadilan, dan hak asasi manusia secara global,” kata surat itu.

Baca juga: AS Minta Tentaranya Bersiap Terlibat dalam Perang di Gaza

Adapun hal ini merupakan pertama kalinya para pejabat negara-negara Eropa dan Amerika sepakat untuk secara terbuka menentang kebijakan pemerintah mereka terhadap perang Gaza.

Salah satu pejabat yang tidak diungkapkan identitasnya mengatakan pernyataan itu lahir atas keprihatinan mereka, serta sebagai tanda terbaru dari tingkat ketidaksetujuan yang signifikan di beberapa negara sekutu kunci Israel, khususnya di dunia Barat.

“Ada risiko yang masuk akal bahwa kebijakan pemerintahan kami berkontribusi pada pelanggaran serius hukum internasional, kejahatan perang, dan bahkan pembersihan etnis atau genosida,” lanjut pernyataan tersebut.

Sumber: kompas.tv

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!