Media Berkemajuan

20 April 2024, 12:59

AS Minta Tentaranya Bersiap Terlibat dalam Perang di Gaza

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
AS Minta Tentaranya Bersiap Terlibat dalam Perang di Gaza [Foto: indonews.id]

Bagdad, mu4.co.id – Pasukan militer Amerika Serikat (AS) yang berada di Irak diminta bersiap untuk keterlibatannya dalam mengahadapi perang Israel dan Hamas di jalur Gaza.

“Memo (Pentagon) menginstruksikan sejumlah tentara ditempatkan siaga untuk dikerahkan ke garis depan guna mendukung pasukan jika ada keterlibatan AS di lapangan dalam perang Israel Hamas,” ungkap laporan The Intercept mengutip memo Pentagon, Selasa (30/01/2024).

Sebelumnya, Pemerintah AS menyatakan dalam beberapa kesempatan bahwa sejak Oktober dukungannya terhadap Israel tidak akan melibatkan tentara mereka yang berperang bersama rekan-rekan Israel.

Baca juga: Begini Alasan Israel Menolak Kemerdekaan Palestina!

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pada 10 Oktober lalu ‘tidak ada niat untuk mengerahkan pasukan AS’ di Israel atau Gaza. Namun terdapat laporan berita yang mengindikasikan AS mungkin terlibat.

Salah satunya, AS merespons Operasi Badai Al-Aqsa yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober dengan mengirimkan 2 kapal induk ke wilayah tersebut dengan menyiapkan 2.000 tentara tambahan untuk dikerahkan ke Timur Tengah.

Bahkan pasukan khusus AS aktif di Israel sejak Oktober, dan pada saat itu ‘Pasukan komando Amerika aktif membantu Israel melakukan sejumlah hal.’ Pentagon juga mengakui menerbangkan drone mata-mata di Gaza ‘untuk mendukung upaya pemulihan sandera.’

Sumber: sindonews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!