Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:12

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Siap Beroperasi, Catat Tanggalnya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. [Foto: kompas.com]

Jakarta, mu4.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan mega proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) siap beroperasi pada 18 Agustus 2023.

“Kereta api cepat Jakarta Bandung, kita harapkan mulai beroperasional 18 Agustus 2023 sebagai hadiah HUT RI ke-78,” kata Luhut dalam keteranganya, Senin (10/4).

Luhut juga menyampaikan kalau seluruh  jalur KCJB telah tersambung sempurna dari Tegalluar hingga Halim Perdanakusumah. Dengan total panjang rel terpasang 304 km untuk kedua sisinya.

Rencananya pada akhir Mei akan dilakukan uji coba sehingga pada 18 Agustus mendatang kereta api cepat ini bisa beroperasi dengan baik.

“Saya udah melaporkan Minggu lalu, saya sudah pergi meletakkan rel yang terakhir menjadi 304 KM itu sudah selesai dan trail yang akan dimulai Mei akhir, paling lambat sudah mulai digunakan,” ujarnya.

Adapun saat ini RI dan RRT telah menyepakati pembengkakan biaya atau cost over run untuk KCJB sekitar USD1,2 miliar.

“Nah tim teknis dari kedua negara telah menyepakati angka cost overrun  sebesar USD1,2 miliar. Jadi, supaya hasil audit kita hasil dari mereka, pembicaraan detail dari kedua belah pihak sepakat angkanya USD1,2 miliar,” pungkasnya.

Baca Juga: Skylift Akan Dibangun di Kalsel, Cek Rutenya di Sini!

Diketahui kereta cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru yakni CR400AF, yang merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang. 

Dilansir dari laman kcic.co.id, satu rangkaian CR400AF terdiri dari 8 kereta dengan komposisi empat kereta bermotor dan empat lainnya tanpa motor. Dengan komposisi ini, memungkinkan kereta CR400AF memiliki kecepatan desain hingga 420 kilometer per jam dan kecepatan operasional 350 kilometer per jam. 

Meskipun berkecepatan tinggi, dari segi kenyamanan CR400AF diklaim memiliki cabin noise yang lebih rendah sehingga mampu meredam getaran dan suara di dalam kereta dengan lebih optimal.

Sumber: nasional.kontan.co.id kompas.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!