Media Berkemajuan

13 April 2024, 10:52

Ini Sosok Ashton! Anak 6 Tahun Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika Internasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ashton, Anak Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika Intsernasional [Foto: Instagram @a.for.ashton]

Jakarta, mu4.co.id – Ashton Alexander Fung, anak 6 tahun yang berhasil mengharumkan Indonesia dengan meraih Medali Emas kategori kelas 1 SD pada Olimpiade Matematika tingkat International di Singapura, usai mengalahkan anak-anak dari 22 negara lainnya, Ahad (21/02/2024) lalu.

Sang Ibu, Marlene mengatakan Asthon adalah anak berbakat yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata anak seusianya. Bahkan diusia 3 tahun ia sudah memahami konsep perkalian, dan diumur 4 tahun sudah mengerti konsep kuadrat dan akar.

“Karena kami melihat potensi di dalam diri Ashton maka kami menstimulasi dengan mengajarkan pemahaman konsep dasar matematika,” ungkap Marlene dilansir dari kompas.com, Ahad (25/02/2024).

Baca juga: Muhammad Najmi Alvaro Juarai MTQ Internasional di Qatar! Senang Ngaji Sejak Balita

Dari stimulasi orang tuanya itu lah perkembangan pemahaman Ashton terhadap matematika sangat cepat. Selain itu, ia juga dibawa ke psikolog profesional untuk berkonsultasi dan melakukan tes IQ. “Kami sangat terbantu dengan arahan dari psikolog,” katanya.

Ashton, Anak Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika Internasional [Foto: kompas.com]

Marlene menjelaskan, sebelum masuk ke final semua peserta lomba harus melewati babak penyaringan tingkat nasional di masing-masing negara. Selanjutnya, top 40% dari anak yang menang di tingkat nasional lanjut ke final berkompetisi dengan peserta dari 22 negara peserta Olimpiade Matematika.

Selain itu, Marlene juga mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan anaknya adalah mengerjakan soal-soal matematika tahun sebelumnya dan latihan setiap hari. “Kemudian ketika mendekati lomba, Ashton latihan lebih intensif, bisa 8 jam per hari,” ungkap Marlene.

“Ashton sangat antusias dalam mengikuti berbagai lomba matematika karena passion-nya memang di bidang itu,” tambahnya.

Baca juga: Siswi Indonesia Peraih Medali Emas Karate Internasional Ini Berbagi Pengalaman Usai Kalahkan Portugal-Brazil!

Kini Ashton duduk di kelas 1 salah satu SD swasta kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Dari sisi gaya belajar, Ashton seorang anak kinestetik (tidak bisa duduk diam) dan self learner (belajar sendiri dari buku/YouTube).

Marlene berharap Ashton bisa mengibarkan bendera Indonesia lebih banyak lagi di panggung internasional. Ia menyampaikan beberapa pesan bagi orang tua lainnya. Ia mengatakan terkadang anak-anak yang tidak bisa diam atau banyak bertanya bukan berarti mereka nakal.

“Sebaiknya sebagai orang tua, pelajari lebih dahulu pola tingkah laku anak karena kemungkinan mereka adalah anak-anak berbakat dan bertalenta yang sangat memerlukan dukungan sebagai orang tua untuk bisa membimbing mereka,” ucapnya.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!