Media Berkemajuan

14 Juni 2024, 09:57

Dikenal Banyak Prestasinya, Mantan Atlet Angkat Besi dari Kalsel ini Meninggal Dunia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Raema Lisa Rumbewas, mantan atlet lifter dari Kalimantan Selatan asal Papua yang miliki segudang prestasi [Foto: antaranews.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Raema Lisa Rumbewas, mantan atlet olahraga angkat besi (lifter) Kalimantan Selatan asal Papua ini meninggal dunia di RSUD Jayapura, Papua, Ahad (14/01/2024) pukul 03.00 WIT.

Belum diketahui apa penyebab atlet angkat berat yang mengharumkan nama Indonesia melalui sederet prestasinya itu tutup usia. Namun, semasa hidupnya diketahui memiliki riwayat penyakit epilepsi dan menderita nyeri lutut.

Selama hidupnya, perempuan kelahiran Papua, 10 September 1980 ini pernah membanggakan Banua di ajang PON, SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade. Kabar meninggalnya itu pun sontak membuat kaget bagi yang mengenalnya.

Baca juga: Dua Atlet Kalsel Harumkan Nama Bangsa di SEA Games 2023, Dispora Berikan Dukungan

Mantan asisten pelatih angkat besi Kalsel saat Lisa masih menjadi atlet Banua, Mujiyanto mengatakan, “Saya baru tadi pagi mendapat khabar meninggalnya Lisa. Kami turut berduka cita atas meninggalnya Lisa,” Ahad (14/01/2024).

Menurutnya, sejak masih remaja Lisa sangat disiplin dalam latihan, tidak heran hanya dalam beberapa tahun ia sudah mampu mengukir prestasi. “Karena Lisa pernah berjasa membela Banua, Pengprov PABSI Kalsel pun telah mengirim karangan bunga di rumahnya Papua sebagai ikut berduka cita,” ujar Mujiyanto.

Sebelum menjadi atlet, sekitar tahun 1996 Lisa yang masih berusia remaja diboyong ke Banjarmasin bersama kedua orangtuanya, binaragawan terbaik Indonesia Levi Rumbewas dan lifter putri Indonesia, Ida Korwa. Di tempat latihan Sasana Bina Krida Banjarmasin lah ia berlatih bersama lifter muda lainnya asal Banua.

Di era tahun 1997 lah, Lisa mewakili Kalsel diberbagai kejuaraan remaja dan junior dengan meraih medali emas tingkat nasional. Mulai dari PON XV di Surabaya, Jawa Timur tahun 2000 memenangkan medali emas bagi kontingen Kalsel, hingga meraih medali perak bagi Indonesia Olimpiade Olimpiade 2000 di Sydney.

Selain itu ia juga memperkuat Kalsel pada PON XVI tahun 2004 di Palembang, Sumatera Selatan dengan meraih medali emas bagi Banua. Kemudian medali Olimpiade ketiganya adalah perunggu Olimpiade 2008 Beijing di kelas -53 kg putri.

Sumber: kalimantanpost.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!