Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 19:21

Dua Atlet Kalsel Harumkan Nama Bangsa di SEA Games 2023, Dispora Berikan Dukungan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Dina Aulia salah satu atlet Kalsel yang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. [Foto: kompas.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Dua atlet kebanggaan Kalimantan Selatan (Kalsel) menyumbang medali di SEA Games 2023.

Mereka adalah Abdul Hamid, peraih tiga medali cabang olahraga (cabor) dayung, dan Dina Aulia, atlet asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang meraih perunggu pada cabor atletik dalam lomba lari gawang 100 meter putri.

Baca Juga: Raih 3 Medali di SEA Games 2023, Atlet Dayung Batola Disambut Meriah

Abdul Hamid sebagai atlet binaan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Banjarmasin ini meraih medali emas pada nomor Dragon Boat 12 Putra U-24 jarak 250 meter.

Selain itu, dia dan tim meraih perak di nomor Dragon Boat 12 Putra U-24 jarak 500 meter dan medali perunggu untuk Dragon Boat 5 Putra U-24 jarak 800 meter.

Berhasil meraih medali dan membanggakan tanah kelahiran, Abdul Hamid disambut dengan meriah setibanya di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru dan di kampung halaman yakni Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala, Jumat.

Mendengar kabar membanggakan ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) akan terus mendukung atlet-atlet berprestasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memenuhi perlengkapan atlet hingga memberi insentif.

“Kami selalu mendukung penuh. Hal itu untuk menambah semangat atlet untuk giat berlatih dan berprestasi,” kata Kadispora Kalsel H Hermansyah.

Hermansyah membeberkan untuk mendapatkan bibit-bibit atlet unggulan pihaknya selalu menggelar event olahraga sejak usia dini, baik melalui kejuaraan maupun festival olahraga.

Baca Juga: Penantian Panjang, Indonesia Akhirnya Juara Sepak Bola SEA Games 2023

“Contohnya melalui Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) yang sedang berlangsung di Banjarmasin. Dari hasil berbagai event, juga ada pembinaan lanjutan untuk jangka panjang. Melalui pengurus kabupaten (pengkab), pengurus kota (pengkot) masing-masing cabor tentunya,” terangnya.

Maka dari itu, Hermansyah berpendapat akan pentingnya sinergitas antar provinsi dan kabupaten kota dalam pembinaan masing-masing atlet.

“Karena pengkab/pengkot lah yang menjadi ujung tombak pembinaan di daerahnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula Hermansyah memastikan akan ada penghargaan terhadap atlet Kalsel yang berprestasi di SEA Games Kamboja.

“Pasti. Kan sudah disampaikan Gubernur H Sahbirin Noor. Kita akan memberikan stimulus semangat kepada atlet-atlet yang mengharumkan nama daerah,” jelasnya.

Tak hanya di Pemerintah Provinsi, upaya pembinaan juga dilakukan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HST.

Baca Juga: Dina Aulia, Sprinter Asal Barabai Wakili Indonesia di SEA Games 2023

Pelaksana Tugas Kepala Disporapar HST Muhammad Ramadlan menyebut Dina Aulia merupakan kader murni dari HST.

“Sejak SMP, Dina sudah ikut latihan lari di Lintasan Lapangan Pelajar Kota Barabai,” katanya.

Melihat potensi yang dimiliki Dina, ia pun diikutkan dalam kejurda, kejurprov, kejurnas dan kejuaraan-kejuaraan lainnya.

Untuk menunjang prestasi Dina, maka ia disekolahkan ke Jakarta dan diberikan beasiswa sampai saat ini. 

Tak hanya itu, Disporapar HST juga menyediakan pelatih olahraga.

Baca Juga: SEA Games 2023 Telah Usai, Indonesia Raih Ratusan Medali. Dari Cabang Olahraga Mana Saja?

“Artinya kami bahu-membahu meskipun dengan sarana yang terbatas karena memang pemkab memiliki keterbatasan pendanaan dan lain-lain,” kata Ramadlan.

Selain Dina, Pemkab HST membina atlet Julpat, yang saat ini juga diberi beasiswa kuliah di Perbanas Jakarta. (banjarmasin.tribunnews.com)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!