Media Berkemajuan

13 April 2024, 12:11

Dina Aulia, Sprinter Asal Barabai Wakili Indonesia di SEA Games 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Dina Aulia, Sprinter Asal Barabai Wakili Indonesia di SEA Games 2023. [Foto: Kalimantan Post]

Jakarta, mu4.co.id – Dina Aulia merupakan atlet lari nasional yang berasal dari Desa Banua Hanyar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Ia mewakili Indonesia di SEA Games 32 di Phnom Pen, Kamboja, 5-17 Mei 2023.

Rupanya Dina adalah adik dari Mujalipah yang juga merupakan sprinter nasional.

Dina menjadi satu-satunya wakil Kalimantan Selatan yang berlaga di pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Ia dipilih untuk mewakili Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Komite Olimpiade Indonesia yang ditetapkan 18 April 2023 dan ditandatangani Ketua Umum KOI Pusat, Raja Sapta Oktohari di Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo juga menegaskan bahwa pihaknya mengirim atlet terbaik di SEA Games tahun ini. Atlet yang terpilih telah melalui serangkaian seleksi ketat, termasuk track record prestasi hingga sport analysis.

Perjalanan Dina menjadi atlet sudah dimulai sejak usia muda, ia telah mendapatkan sederet prestasi. Pada 2017, ia memenangkan tiga medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel ke-X.

Ia juga pernah mengikuti kejuaraan internasional saat di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Estadio Olímpico Pascual Guerrero di Cali, Kolombia 1-6 Agustus 2022 lalu.

Baca juga: Alhamdulillah! Mahasiswa UMJ Raih Medali Pertama di SEA Games Kamboja 2023

Di event internasional itu, ia berhasil meraih juara di nomor lari gawang 100 meter tingkat dunia. Dina mencatat rekor 13.44 detik atau lebih cepat 0.13 detik dari Eddiyah FRYE, sprinter asal Amerika Serikat serta lima atlet berbagai negara lainnya.

Masih banyak prestasi seorang Dina Aulia yang sangat membanggakan Indonesia, ia juga diperkirakan menjadi kandidat juara dari cabang olahraga atletik SEA Games 2023. 

Ia juga berpeluang besar mengikuti ajang Asian Games 2022 yang akan digelar September 2023 dan Olimpiade 2024.

“Hasil SEA Games dapat menjadi tolok ukur untuk perjuangan menuju Olimpiade mendatang,” tutur Menpora Dito pada acara pengukuhan kontingen Indonesia, Selasa (2/5).

Sumber: apahabar.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!