Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 17:59

Desa Wisata Kebanggaan Arek Jatim Miliki Tumbuhan Paling Langka di Dunia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Desa Wisata Edelweis. [Foto: pingpoint]

Jawa Timur, mu4.co.id – Desa Wisata Edelweis merupakan desa wisata kebanggaan arek Jawa Timur. Desa ini terletak di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Desa Wisata Edelweis berhasil masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pengunjung dapat menemukan salah satu tanaman paling langka di dunia saat berkunjung ke desa ini yakni tanaman edelweis.

Baca Juga: Loksado, Hamparan Keindahan di Kaki Gunung Meratus

Tanaman edelweis yang tumbuh di desa ini dilindungi oleh Undang-undang.

Tak hanya tumbuh secara alami, menariknya, masyarakat sekitar secara mandiri mengembangbiakkan edelweis agar menjadi tanaman yang tidak langka.

Masyarakat sekitar memanfaatkan sebuah kawasan yang cukup luas untuk menanam edelweis. Sehingga wisatawan yang datang bisa melihat secara langsung proses perawatan bunga abadi itu.

Bunga edelweis yang dikembangbiakkan ini juga bisa dibeli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tapi perlu dicatat, bahwa bunga edelweis yang bisa dijadikan oleh-oleh berbeda dari jenis yang dilindungi pemerintah.

Tak hanya dijadikan sebagai oleh-oleh, masyarakat setempat yang merupakan warga Tengger juga menjadikan bunga edelweis sebagai salah satu sarana untuk ritual adat.

Desa wisata di Jawa Timur ini cukup jauh dari Bandara Juanda. Jaraknya mencapai 111 km. Sehingga dibutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan apabila ingin mengunjungi desa ini dari arah Surabaya.

Baca Juga: Nikmati Wisata Ikonik Susur Sungai di Banjarmasin

Berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Desa Wisata Edelweis memiliki suhu udara yang dingin. Pengunjung diwajibkan membawa jaket tebal agar tidak kedinginan saat di lokasi.

Desa Wisata Edelweis ini sangat cocok bagi pecinta fotografi karena banyak spot foto yang indah berlatar perbukitan khas wilayah di sekitar Gunung Bromo.

Nah, jika berkunjung ke Bromo, jangan lupa untuk mampir ke Desa Wisata Edelweis ini. (jatimnetwork.com)

[post-views]
Selaras