Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 00:40

Andi Pangerang Hasanuddin Ternyata Pernah Sekolah di Tempat Ini?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Peneliti BRIN, Andi Pangerang Hasanuddin [Foto: linkedin]

Jakarta, mu4.co.id – Peneliti astronomi (Badan Riset dan Inovasi Nasional) BRIN, Andi Pangerang Hasanuddin (APH), yang akhir-akhir ini namanya tiba-tiba viral akibat ulahnya mengunggah tulisan bernada ujaran kebencian dan ancaman pembunuhan kepada warga Muhammadiyah, diberitakan telah mendatangi Polres Jombang pada Selasa (25/4), ditemani oleh ibunya.

Kedatangan APH di Polres Jombang sekitar pukul 13.00 Wib dan berakhir pada pukul 15.00 Wib.

Baca juga: APH, Peneliti BRIN Datangi Polres Jombang Ditemani Ibunya

Kasatreskrim Polres Jombang AKP Aldo Febrianto mengatakan, “Saat diperiksa itulah, terungkap ternyata ibu kandung Andi ternyata merupakan warga Muhammadiyah juga.”

“Ibunya juga orang Muhammadiyah ternyata, makanya tadi [Andi] sempat dimarahin juga sama ibunya,” ucap Aldo.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan mu4.co.id menemukan rekam jejak digital berupa unggahan status Andi Pangerang Hasanuddin pada 15 April 2010 yang menulis, “ehh, dulu SD lo dimn, Cha??? gw d muhammadiyah 5.”

Kemudian pada 10 Mei 2016 di hari ulang tahunnya ia kembali menulis, “Tepat 8400 hari yang lalu…. Di RS Muhammadiyah Jaksel. Aku dilahirkan di dunia ini. Kini jatah umurku…”

Andi menempuh pendidikan sekolah menengah akhir di SMA 1 Semarang, Jawa Tengah. Kemudian melanjutkan studi perguruan tinggi ke Universitas Diponegoro, Jawa Tengah (Jateng) pada 2009.

Di Undip, Andi tak mengambil jurusan yang sesuai minatnya, antariksa. Tetapi malah mengambil jurusan Teknik Elektro dan lulus S1 pada 2015.

Setelah lulus kuliah, ia sempat mengajar di beberapa bimbingan belajar (bimbel) di Jakarta.

Baca juga: LBH PP Muhammadiyah Laporkan 2 Peneliti BRIN Terkait Ancaman Kepada Warga Muhammadiyah

Hingga akhirnya ia melamar ke Kementerian Hukum dan HAM dan BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika pada 2017 tetapi gagal. Andi lalu diterima di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada 2018 silam. LAPAN pun berganti jadi Pusat Sains Antariksa BRIN.

Kini Andi berstatus PNS sebagai Peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN dengan pangkat/golongan Penata Muda III/a.

Saat ini Andi Pangerang tergabung dalam Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama Jawa Barat sebagai peneliti dan pengembang sejak Maret 2022.

Kemudian Andi juga bergabung dengan PWNU Jabar sejak Mei 2022. Pada saat sidang isbat penentuan 1 Syawal 1444 H, Andi ikut terlibat bersama peneliti dari BRIN dan Lembaga Falakiyah NU (LFNU).

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!