Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 06:24

Setara Dengan D3, Lulusan SMK Maestro Islamic School Raih Gelar CAP 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Drs. H. Taufik Hidayat memberikan apresiasi kepada taruna/taruni peraih gelar CAP. [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – SMK Maestro Islamic School menjamin kualitas lulusan taruna/taruni dengan sertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Menariknya, SMK Maestro menjadi satu-satunya sekolah kejuruan di Indonesia yang siswanya mendapatkan gelar Certified Accurate Professional (CAP) untuk jurusan Akuntansi dan Lembaga Keuangan. 

CAP merupakan ujian praktik komputer akuntansi menggunakan software Accurate untuk tingkat mahir (advance) seperti accounting, supervisor, owner, mahasiswa, dosen dan guru. Sertifikasi CAP ini setara dengan D3 Perguruan Tinggi. 

Heri Baskoro, Ketua Jurusan Akuntansi dan Lembaga Keuangan SMK Maestro Islamic School mengatakan, “Jadi CAP itu setara dengan D3 di perguruan tinggi, kalau CADE itu setara dengan SMK.”

Sementara itu CADE (Certified Accurate Data Entry) merupakan ujian praktik komputer akuntansi  menggunakan software ACCURATE untuk tingkat pemula (basic) seperti staff administrasi, siswa/i SMK.

Untuk tahun ajaran 2022-2023, sebanyak 54 siswa mendapatkan sertifikat CADE dan 52 siswa mendapat gelar CAP.

Taruna/taruni peraih gelar CADE dan CAP. (Foto: mu4.co.id)

Heri menceritakan bagaimana para siswa saat menghadapi sertifikasi CAP, “Ujiannya 5 jam di komputer. Mungkin kendalanya terkadang jaringan internet agak ngadet.”

“Sekarang sekolah kita ini belajarnya tidak kalah dengan sekolah di Jawa, karena di Banjarmasin yang menggunakan accurate online hanya SMK Maestro. Dengan adanya Accurate Online ini kita bisa mengerjakan laporan melalui laptop atau android dengan koneksi internet. Jadi guru bisa melihat aktivitas siswanya dan bisa terpantau mengerjakannya,” ungkap Heri terkait pembelajaran di SMK Maestro Islamic School ketika diwawancarai secara eksklusif oleh mu4.co.id (15/7).

Heri juga menjelaskan bahwa sertifikasi ini penting untuk lulusan SMK karena dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI) meminta para lulusan untuk memiliki sertifikasi kompetensi. Maka dari itu, Heri menambahkan, Uji Kompetensi Kejuruan di SMK Maestro untuk jurusan Akuntansi pihaknya mengambil sertifikasi CADE dan CAP. 

Baca Juga: SMK Maestro Islamic School Gelar Wisuda, Luluskan 214 Taruna/Taruni Beprestasi

“Alhamdulillah bangga sekali, karena itu perlu perjuangan yang sangat besar karena istilahnya siswa kita itu imbas dari covid terkadang kondisi belajarnya agak susah tapi alhamdulillah dengan support akhirnya kita bisa berhasil dan alhamdulillah siswa kita banyak yang lulus ini sudah ada yang diterima di perusahaan.” pungkas Heri.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!