Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 23:29

Satu Lagi Masjid Megah Muhammadiyah Diresmikan di Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Masjid Al Furqan yang baru diresmikan, Sabtu [13/01/2024] [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Masjid Muhammadiyah terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Masjid Al Furqan baru saja diresmikan, di Jl. Bumi Mas Banjarmasin, Sabtu (13/01/2024) siang.

Masjid tersebut diresmikan langsung oleh Bendahara Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. H. Hilman Latief, MA, Ph.D, bersama KH Bachtiar Nasir, Lc. MM, dan Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina.

Prosesi penandatanganan prasasti pada peresmian Masjid Al Furqan [Foto: mu4.co.id]

Masjid ini sudah mulai dibangun pada tahun 2020, dengan pembiayaan pembangunan mencapai 16 miliar, yang dapat menampung hingga 3 ribu jemaah.

Masjid yang berdiri diatas tanah 2 ribu hektare ini, juga dilengkapi dengan 6 buah toilet, 1 kamar mandi, dan disediakan ruang laktasi (untuk ibu-ibu menyusui), bahkan di lantai atas disediakan 4 buah kamar, untuk para hafiz yang akan menjadi imam di masjid tersebut.

Baca juga: Safari Dakwah Ustaz Bachtiar Nasir di Beberapa Masjid di Banjarmasin

Sebagai Pengurus Masjid Al Furqan, Prof Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd menyebut bahwa pihaknya merasakan kepercayaan masyarakat yang luar biasa. “Dana yang kita himpun tidak mendapatkan kesulitan. Kita tidak pernah meninggal utang. Kami tidak menduga kalau berdiri Masjid sebesar ini, seluas ini dan semegah ini. Ini kesyukuran yang luar biasa,” ucap Ridhahani.

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Jemaah dan Takmir Masjid Muhammadiyah Al Furqan yang baru saja diresmikan.

Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina mengatakan, “Ini menambah jumlah masjid-masjid besar dan masjid-masjid yang indah di Kota Banjarmasin. Oleh karenanya, mari diisi dan memakmurkan Masjid tersebut dengan sebaik-baiknya,” Sabtu (13/01/2024).

“Bangunannya sudah besar dan jemaahnya sudah banyak. Mudah-mudahan semakin makmur dan di sinilah akan lahir generasi-generasi Qur’ani, Rabbani, yang makin taat kepada Allah SWT,” tambahnya.

(Foto: Alf/ mu4.co.id)

Sementara itu, dalam peresmian masjid tersebut Ustaz Bachtiar Nasir menyampaikan mengenai adanya gerakan infak pendidikan 111 di usia Muhammadiyah yang ke-111 ini yang bertujuan untuk persyarikatan sendiri.

“Mudah-mudahan gerakan infak 111 ini akan terus berjalan di masjid ini. (Karena) dengan niat infak fisabilillah insyaallah hartanya akan dilipatgandakan.”

Baca juga: Muhammadiyah Canangkan Gerakan Infak Pendidikan Sambut Milad Ke-111

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!