Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 16:51

Resmi Dilantik, Dito Ariotedjo Jadi Menteri Termuda Sepanjang Sejarah RI

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Dito Ariotedjo mengucapkan sumpah saat dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara. [Foto: pikiran-rakyat.com]

Jakarta, mu4.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) 2023-2024 pada Senin (03/04/2023).

Upacara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Diwaktu yang sama pula dilantik Komjen Ryco Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Ario Bimo Nandito Ariotedjo merupakan pemuda kelahiran 25 September 1990 dan saat ini menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB).

Dito Ariotedjo merupakan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Periode 2017-2022. Ia juga pernah dipercaya menjadi tim ahli Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada tahun 2022.

Dito Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali yang mundur setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. 

Kiprah Dito teruji di dunia pemuda dan olahraga, ia tercatat sebagai anggota Dewan Penasehat PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Dia juga chairman Rans Nusantara FC, bagian dari Rans Sport yang didirikannya bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim. 

Pada perhelatan Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina ia dipercaya menjadi Chef de Mission atau Ketua Kontingen Indonesia.

Presiden Jokowi menitipkan tiga poin utama kepada Menpora baru ini. 

Pertama, memprioritaskan cabang-cabang olahraga yang berpotensi meraih medali di event-event SEA Games dan Asian Games.

Kedua, liga-liga pertandingan olahraga harus digelar masif, dilaksanakan di level pendidikan sekolah, dan kuliah. Rakyat diminta menggalakkan liga antar kampung.

Ketiga, Presiden menginginkan ekosistem industri olahraga Indonesia semakin maju dan establish. Lalu untuk kepemudaan, lebih kepada arah kewirausahaan dan profesionalitas dengan patokan, pencapaian indeks pembangunan pemudanya naik.

Sumber: news.detik.com pikiran-rakyat.com

[post-views]
Selaras