Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:33

Puncak Soudah Akan Jadi Tempat Wisata Pegunungan Baru di Arab Saudi!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Puncak Soudah [Foto: Chanelmuslim.com]

Arab Saudi, mu4.co.id – Pemerintah Arab Saudi berencana ingin mengubah puncak tertinggi di negaranya yaitu Soudah, menjadi sebuah tempat wisata pegunungan.

Wisata pegunungan tersebut memiliki ketinggian 3.015 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang merupakan puncak tertinggi di Arab Saudi. Kawasan ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Aseer, yang memiliki luas sekitar 4.500 kilometer persegi dan membentang hingga ke pantai Laut Merah.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud menyatakan akan mengembangkan wilayah pegunungan barat daya Al Soudah dan sebagian dari Rijal Almaa menjadi tempat yang dinamakan “Soudah Peaks”.

Rencana tersebut akan mewakili era baru wisata pegunungan mewah yang memberikan pengalaman baru kepada wisatawan, dan berbeda serta belum pernah ada sebelumnya, “Dengan tetap melestarikan lingkungan serta kekayaan budaya dan warisan,” katanya.

Baca juga: Destinasi Desa Belangian, Surga Tersembunyi di Kalimantan Selatan

“Rencana induk ini menegaskan kembali komitmen kami terhadap upaya global dalam melestarikan sumber daya alam dan lingkungan untuk generasi mendatang serta berupaya berkontribusi terhadap diversifikasi sumber pendapatan nasional dan membangun perekonomian yang kuat sehingga menarik investasi lokal dan global,” kata Putra Mahkota Arab Saudi dari keterangan resmi, Jumat (29/09/2023).

Dan wisata ini dianggap menjadi bagian penting dari upaya Dana Investasi Publik (PIF) untuk diversifikasi ekonomi dengan pengembangan industri vital seperti pariwisata, hiburan, dan menawarkan layanan perhotelan mewah kelas atas kepada lebih dari 2 juta pengunjung pada tahun 2033 nanti.

Selain bisa hiking dan berkemah, pengunjung juga bisa menemukan area budaya suku kuno, terutama di desa bersejarah Rijal Almaa di barat Soudah.

Sumber: kompas.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!