Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:31

Pesona Taman Shazdeh yang Memikat di Tengah Padang Pasir, Dimana?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Taman Shazdeh di Mahan,Provinsi Kerman province, Iran [Foto: istockphoto.com]

Iran, mu4.co.id – Taman Shazdeh yang terletak 6 kilometer dari pusat kota Mahan, Provinsi Kerman, Iran menjadi tujuan populer bagi wisatawan dari seluruh dunia sejak diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2011.

Taman Shazdeh sendiri merupakan sebuah kompleks taman bersejarah Persia yang didirikan oleh Dinasti Qajar pada akhir abad ke-19. Adapun struktur bangunan taman tersebut berbentuk persegi panjang yang dikelilingi oleh dinding batu yang melindungi kebun subur dari padang gurun yang keras mengelilinginya.

Adapun, ketika dilihat dari atas taman tersebut terlihat seperti oasis yang menyegarkan di tengah gurun tandus, taman itupun menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Penampakan Taman Shazdeh dari atas [Foto: etindonesia.com]

Baca juga: Fantastik, Taman Dragon Ball Z Pertama di Dunia Bakal Dibangun di Arab Saudi!

Dengan luas lahan 5,5 hektar, taman tersebut dipenuhi oleh tanaman hijau yang subur, air mancur, dan kolam yang mempesona, serta dihiasi dengan arsitektur yang memukau. Beberapa orang bahkan menggambarkannya sebagai permata yang bersinar di tengah padang pasir.

Taman tersebut memiliki 5 air mancur mengesankan, yang mana airnya disalurkan melalui sistem Qanat yakni air yang dibawa dari sumur melalui kanal bawah tanah.

Sementara itu berbagai fauna yang tumbuh di wilayah gurun tersebut meliputi kaktus, semak akasia, dan tumbuhan tamar (kurma). Selain itu di gurun tersebut juga dapat ditemui fauna seperti reptil, unta, dan belalang serta beragam hewan pengerat yang tinggal di dalam tanah seperti hamster dan gerbil.

Sebagai informasi, tumbuhan yang bisa hidup dan beraklimatisasi di padang pasir biasanya memiliki karakteristik akar yang sangat mendalam, daun yang kecil dan tebal atau bahkan tanpa daun sama sekali, batang yang cukup besar, dan sering kali ditutupi oleh duri.

Sumber: liputan6.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!