Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 02:41

Masih Tumbuh Kokoh, Inilah Pohon Tertua di Bumi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pinus Bristlecone, pohon tertua di Bumi. ©Rick Goldwaser/Wikimedia Commons

Amerika Serikat, mu4.co.id – Pohon Pinus Bristlecone (Pinus longaeva) atau dikenal sebagai Methuselah dinobatkan sebagai pohon tertua di bumi karena telah hidup sejak ribuan tahun lalu dan masih hidup hingga saat ini. Pohon ini tumbuh tersembunyi di atas Pegunungan Putih California, Amerika Serikat.

Bahkan usia pohon ini lebih dari 4.850 tahun, yang ditetapkan melalui sampel pokok batang pohon, dikutip dari Ancient Origins, Ahad (4/6). Pohon Bristlecone ratusan tahun lebih muda dibanding Piramida Giza di Mesir.

Dengan penampilan keriputnya yang khas, dibentuk selama ribuan tahun, pohon ini bisa bertahan dari lanskap dan suhu ekstrem. Pohon ini ditemukan pada tahun 1950-an dan menarik minat wisatawan ke daerah tersebut.

Majalah Smithsonian mengungkapkan telah meninjau sampel pohon tersebut dan menemukan sampel tersebut berusia lebih dari 5.000 tahun.

Untuk melindungi pohon Pinus Bristlecone, pihak berwenang membuat Taman Nasional Great Basin. Alhasil, lokasi dari Methuselah yang sebenarnya kini dirahasiakan.

Baca Juga: Desa Wisata Kebanggaan Arek Jatim Miliki Tumbuhan Paling Langka di Dunia

Lalu bagaimana rahasia kelangsungan hidup dari pohon ini? Pohon Pinus Bristlecone sangat tangguh terhadap kondisi ekstrim, akarnya telah beradaptasi untuk memberi makan hanya cabang tertentu, membatasi dampak saat mereka mati. 

Pinus Bristlecone juga tumbuh lambat (seperseratus inci per tahun) sementara daunnya hidup selama lebih dari 30 tahun, sehingga membantu pohon menghemat energi. (merdeka.com)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!