Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 05:09

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Jalin Kerjasama dengan International Islamic School Malaysia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta [Foto: muhammadiyah.or.id]

Semarang, mu4.co.id – Mewakili Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Unik Rasyidah telah menjalin kerjasama dengan International Islamic School Malaysia (IISM) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung pada Senin (05/06).

Acara ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Semarang atas kerjasama dengan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non-Formal PP Muhammadiyah.

Agenda penandatanganan MoU ini melibatkan 29 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 61 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Tengah. Dalam kesepakatan ini, terdapat beberapa program yang disepakati antara Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan International Islamic School Malaysia (IISM). Program-program tersebut mencakup Sister School, Student Exchange, Twinning Program, dan International Curriculum.

Baca juga: PDM Banjarmasin Berikan Penghargaan Guru dan Sekolah Berprestasi, SMK Muhammadiyah 2 Jadi Salah Satu Penerimanya

Sister School adalah program di mana sebuah sekolah di satu negara menjalin kemitraan dengan sekolah di negara lain untuk menjalankan berbagai kegiatan kolaboratif. Melalui program ini, Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan International Islamic School Malaysia (IISM) akan membangun hubungan erat antara sekolah-sekolah yang terlibat. Mereka akan saling berbagi pengalaman, sumber daya, dan praktik terbaik dalam bidang pendidikan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman lintas budaya, memperluas pengetahuan siswa, dan memperkuat kerjasama antara dua lembaga pendidikan.

Student Exchange adalah program di mana siswa dari satu sekolah memiliki kesempatan untuk mengunjungi sekolah mitra di negara lain untuk jangka waktu tertentu. Program ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengalami lingkungan belajar yang baru, mengeksplorasi budaya yang berbeda, dan memperdalam pemahaman mereka tentang dunia global. Siswa yang terlibat dalam program ini akan memiliki kesempatan untuk belajar dan berinteraksi dengan siswa dari budaya yang berbeda, meningkatkan keterampilan sosial, kemandirian, dan pemahaman mereka tentang keragaman budaya.

Baca juga: Madrasah Mu’allimin Bangun Sport Center Seluas 3.500 m2

Twinning Program adalah program di mana dua sekolah yang terlibat menjalin hubungan kemitraan yang lebih intens. Program ini melibatkan pertukaran sumber daya dan kolaborasi yang mendalam dalam pengembangan kurikulum, metode pengajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya Twinning Program antara Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan International Islamic School Malaysia (IISM), kedua sekolah akan saling mendukung dalam meningkatkan kualitas pendidikan, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta mengembangkan inovasi pendidikan yang berkesinambungan.

International Curriculum adalah program yang melibatkan adopsi kurikulum internasional dalam proses pembelajaran. Melalui kerjasama ini, Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan International Islamic School Malaysia (IISM) akan saling berbagi dan menerapkan pendekatan, metode, dan materi pembelajaran yang diakui secara internasional. Kurikulum internasional ini akan memberikan siswa kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang isu-isu global, memperluas pengetahuan mereka di berbagai bidang, dan mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia yang semakin terhubung secara global.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan International Islamic School Malaysia (IISM) dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas, memperluas wawasan siswa, dan membangun hubungan yang erat antara kedua institusi. (muhammadiyah.or.id)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!