Media Berkemajuan

22 Februari 2024, 08:39

Kuota Haji Ditambah? Pembayaran Terakhir 19 Mei 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Ibadah Haji [Foto: via suarapemerintah.id]

Banjarmasin, mu4.co.id — Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) ditutup Jumat, (19/5/2023) usai kembali diperpanjang dari waktu yang telah ditentukan.

Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Agama Kalimantan Selatan, Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd., mengatakan perpanjangan kali ini dikarenakan masih ada jemaah yang belum melunasi. “Berdasarkan data pertanggal 12 Mei kemaren, porsi Kalsel masih kurang 93 orang jemaah yang belum melunasi,” ujarnya dikutip dari laman resmi mereka.

Baca Juga: Kakanwil Kemenag Kalsel Imbau Calon Jemaah Haji Segera Lunasi Bipih

Ia berharap para jemaah reguler dapat segera menuntaskan Bipih. Jika belum, maka jemaah cadangan yang sudah membayar akan diberangkatkan duluan. “Jika mereka tidak bisa berangkat tahun ini, akan menjadi prioritas untuk keberangkatan tahun depan,” jelas H. Muhammad Tambrin.

Kakanwil Kemenag Kalsel, Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd [Foto: kalsel.kemenag.go.id]

Adapun jumlah jemaah cadangan yang awalnya ditentukan merata 15% dari kuota masing-masing provinsi, kini dihitung secara proporsional. Kalimantan Selatan sekarang mendapat 20% kuota cadangan jemaah haji.

Baca Juga: Puluhan Ribu Jemaah Haji Akan Diberangkatkan Dari 6 Bandara Angkasa Pura II

Sedangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginformasikan bahwa kuota haji kembali ditambah sebanyak 8.000 per 15 Mei 2023. Pihaknya akan fokus mengoptimalkan agar kuota ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Ada usulan antara lain (kuota dimanfaatkan) untuk pendamping lansia. Semua usulan kita tampung. Akan kita cek di lapangan. Karena tergantung juga kondisi di lapangan,” kata Yaqut, Rabu (17/5/2023) di Senayan.

Sumber: kalsel.kemenag.go.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!