Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:19

Ketua Umum DPP IMM Apresiasi Kegiatan Borneo Youth Camp (BYC)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Pontianak, mu4.co.id — Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengadakan kegiatan “Borneo Youth Camp” pada tanggal 11-14 Mei 2023 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Kegiatan tersebut diikuti oleh 70 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas ditingkat regional, nasional, dan internasional.

Agenda ini merupakan program kolaborasi oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM Kalbar dengan OIC Youth Indonesia dan Asian African Youth Government (AAYG) yang mengangkat tema “Youth for Environmental Action and Sustainability”.

Baca Juga: DPP IMM Audiensi dengan Bang Zulhas Mendorong Anak Muda Jadi Penggerak Ekonomi

Rangkaian kegitan terdiri dari pemaparan materi oleh para ahli di bidangnya, FGD (Focus Group Discussion), serta aksi penanaman pohon.

Adapun tujuan pelaksanaan agenda ini untuk memberikan perspektif global dalan menggali potensi para generasi muda yang siap menjadi pemimpin dengan visi peduli pada kelestarian lingkungan, menjaga toleransi, dan kewirausahaan.

Pada agenda pembukaan, Ketua Umum DPP IMM, Abdul Musawir Yahya memberikan opening speech atau kata sambutan bahwa agenda ini merupakan kontribusi aktif dari kaum muda dalam kepeduliannya terhadap kelesetarian lingkungan dan pembangunan keberlanjutan di Indonesia maupun dunia, jelasnya pada Jumat (12/5/2023).

Pria kelahiran Makasar tersebut juga menjelaskan bahwa agenda Borneo Youth Camp ini senapas dengan orientasi gerakan IMM yang termanifestasi pada 7 pilar gerakan IMM yang dideklarasikan di Kota Banjarmasin.

Baca Juga: Tanwir Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ke-XXXI Resmi Dibuka di Bumi Lambung Mangkurat

Lebih lanjut, Abdul menjelaskan bahwa persoalan kerusakan lingkungan merupakan keresahan dan pengamatan IMM atas apa yang terjadi pada negara dan global hari ini. Hal tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab intelektual bersama.

Ketua Umum DPP IMM berharap, hasil dari kegiatan itu akan menjadi narasi dan politik nilai bagi IMM serta kaum muda yang terlibat di dalamnya untuk menyuarakan kepada semua calon yang akan berkontestasi pada Pilpres (Pemilihan Presiden) 2024.

“Agar (para calon) memiliki keberpihakan konkret terhadap pelibatan anak muda ke dalam pembangunan berkelanjutan, serta mendorong adanya kebijakan yang dapat memperbaiki kelestarian lingkungan hidup, dan memangkas kesenjangan sosial melalui gerakan ekonomi hijau,” ujar Abdul Musawir Yahya.

Baca Juga: IMM Launching Program Djazman English Scholarship Batch II

Terlebih DPP IMM merupakan mitra kolaborasi pada kegiatan Borneo Youth Camp sebagai bagian dari upaya anak muda secara kolektif dan inklusif untuk terus meningkatkan kesadaran dan kapasitas para pemuda agar bisa menjadi agen perubahan yang memberikan dampak serta kontribusi bagi pembangunan berkelalanjutan yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Kontributor: Zaki

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!