Media Berkemajuan

24 April 2024, 17:43

Kemenag Kalsel dan Bupati Banjar Apresiasi Prestasi Nuriah, Santriwati Asal Martapura yang Raih Juara 3 MTQ Internasional!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Nuriah, Santriwati Asal Martapura yang Raih Juara 3 MTQ Internasional di Iran [Foto: kalsel.kemenag.go.id]

Martapura, mu4.co.id – Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Tambrin mengapresiasi prestasi Santriwati dari Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kabupaten Banjar Kalsel, Nuriah, yang berhasil meraih juara 3 MTQ Internasional di Teheran, Iran.

“Atas nama keluarga besar Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, kami mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ananda Nuriah,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin dilansir dari laman resmi Kemenag Kalsel, Sabtu (24/02/2024).

Santri yang berusia 20 tahun itu sukses membawa harum nama Indonesia dan Provinsi Kalsel usai sabet juara 3 hafalan Al-Quran 30 Juz kategori putri pada “The 40th IRI Holy Quran Competition in 2024” yang berlangsung pada 16-21 Februari 2024.

Baca juga: Muhammad Najmi Alvaro Juarai MTQ Internasional di Qatar! Senang Ngaji Sejak Balita

Selain itu, Tambrin menyebut prestasi yang diraih Nuriah pada kompetisi internasional tersebut menjadi motivasi bagi anak bangsa lain untuk berbicara banyak di ajang dunia.

“Ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua, khususnya anak-anak bangsa, para pemuda-pemudi penggiat seni baca Al-Qur’an khususnya Kalsel, bahwa kita mampu berbicara di kancah internasional,” katanya.

Lebih lanjut Tambrin mengatakan bahwa prestasi santri asal Kelurahan Sungai Paring, Kabupaten Banjar tersebut merupakan penanda penyelenggaraan dan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi serta nasional dan sistem seleksi yang meningkat.

“Adanya sistem seleksi dengan output kejuaraan ini cukup baik dan bahkan sangat baik. Dengan seleksi ini kita lebih mudah dalam mengirimkan delegasi untuk berpartisipasi di ajang internasional,” ujarnya.

Baca juga: Hebat! Juara MTQ Internasional di Qatar Berasal dari Sergai, Sumatera Utara

Hal serupa juga disampaikan Bupati Banjar, Saidi Mansyur yang terus mendukung para kader LPTQ untuk berprestasi baik di tingkat nasional dan Internasional, termasuk memberikan bantuan pembinaan khususnya bagi Nuriah yang mengikuti MTQ Internasional di Iran.

“Kepada seluruh kader saya sangat berharap prestasi yang telah diraih oleh Ananda Nuriah menjadi motivasi yang tinggi untuk giat berlatih mengasah kemampuan sehingga dapat menorehkan prestasi yang membanggakan baik bagi diri sendiri, keluarga, banua, bangsa dan negara,” ujarnya dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kedepannya Nuriyah mengatakan akan terus giat berlatih untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi nantinya. “Saat ini lagi giat berlatih mendalami Ilmu Tafsir Al-Qur’an dan semoga pada cabang ini kembali bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Kalsel,” ujarnya.

Nuriah, Santriwati Asal Martapura yang Raih Juara 3 MTQ Internasional di Iran [Foto: banjarkab.go.id]

Sebelumnya, Nuriah juga pernah meraih berbagai macam prestasi nasional, di antaranya yaitu:

  1. Juara 1 Golongan Anak-Anak STQ Nasional di Jakarta (2015)
  2. Juara 1 MHQ 5 Juz dan Tilawah MTQ Nasional di NTB (2016)
  3. Juara 1 MHQ 20 juz STQ Nasional di Maluku Utara (2021), dan
  4. Juara Harapan 2 MHQ 30 juz MTQ Nasional di Banjarmasin (2022).
[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!