Media Berkemajuan

13 April 2024, 10:46

KA Turangga Tabrak KA Lokal Bandung Raya, 3 Orang Tewas dan 28 Orang Luka-luka

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
KA Turangga Tabrak KA Lokal Bandung Raya. [Foto: CNBC Indonesia]

Jawa Barat, mu4.co.id – Kereta Api (KA) Turangga mengalami kecelakaan dengan menabrak KA Lokal Bandung Raya. Kecelakaan terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Jumat (5/1/2023) pukul 06.03 WIB.

Dilansir dari detikJabar, warga setempat, Regina Ratna (28), mengatakan melihat KA lokal dari arah barat berjalan dengan pelan.

Baca juga: Kecelakaan Kereta Api di Kulon Progo, Gerbong Sampai Keluar Jalur Rel!

Pada waktu yang sama, ia juga melihat KA Turangga datang dari arah timur. Ia menyebut KA Turangga melaju dengan kencang.

“Saya lihat KA lokal lagi pelan-pelan berhenti. Soalnya, tiang sinyalnya masih ketutup, jadi KA lokal berhenti. Terus KA Turangga nggak berhenti di Stasiun Cicalengka dan melaju cepat. Tiba-tiba KA Turangga rem mendadak. Salah satu kereta bunyi klakson kenceng banget, langsung bruk, tabrakan,” ujar Regina.

Regina mengaku mendengar suara seperti ledakan yang membuat area sekitar mengalami getaran. Ia juga melihat gerbong kereta terguling dan penumpang berhamburan keluar dari gerbong. Menurutnya, sejumlah penumpang yang terluka sempat dievakuasi ke rumah penduduk sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Sementara warga lain, Acep Amaludin (55), mengaku awalnya melihat kereta lokal sedang berhenti dan KA Turangga melaju dari arah timur. Ia mengatakan tabrakan ini baru pertama kali terjadi di Cicalengka.

“Pas jalan saya liat KA lokal berhenti. Terus dari timur ada KA Turangga. Ah, ini mah pasti tabrakan. Dan bener aja we, bruk,” ucapnya.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin usai meninjau lokasi kecelakaan mengatakan bahwa kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang tewas dan 28 penumpang yang mengalami luka-luka.

“Kami melihat kondisi terkini tabrakan kereta Commuter Line dan Turangga. KA Turangga membawa 287 penumpang dan Commuter Line Bandung Raya ada 191 penumpang. Semua penumpang berhasil dievakuasi,” kata Bey.

Bey mengatakan pihaknya menyiapkan beberapa rumah sakit dan puskesmas untuk merawat penumpang.

“24 korban luka ada di RSUD Cicalengka, 2 Puskesmas Cicalengka, dan 2 di RSKK,” ujarnya.

Sumber: detik.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!