Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 00:48

Jaga Kadar Gula Darah Dengan Cara Ini!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Glukometer [foto: lifepack.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Gula Darah (Blood Glucose) adalah gula atau glukosa yang terkandung dalam darah. Gula darah didapat dari makanan yang dikonsumsi dan merupakan sumber energi utama tubuh dan menjadi salah satu patokan kesehatan seseorang. Oleh karena itu harus dijaga agar kadarnya tetap normal.

Jika kadar gula darah terlalu tinggi (hiperglikemia) maka akan mengakibatkan penyakit seperti stroke, diabetes, kencing manis, dan masih banyak lagi. Sedangkan gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) juga dapat menimbulkan masalah seperti kedinginan, jantung berdebar-debar, kejang-kejang, penurunan kesadaran, dan lainnya.

Menjaga gula darah agar tetap stabil dapat dilakukan dengan mengatur makanan sesuai kebutuhan kalori, aktivitas fisik, pola hidup sehari-hari, olahraga, hingga diet teratur yang sehat.

Periksa secara rutin gula darah anda untuk mengantisipasi atau mendeteksi penyakit yang ada. Apabila gula darah anda terlalu tinggi/rendah, jangan langsung menerka sendiri dan sembarangan mengkonsumsi obat tertentu. Wajib bawa ke Dokter untuk diperiksa lebih lanjut secara menyeluruh agar bisa didiagnosis dan diobati dengan tepat.

Gula darah tinggi dapat diturunkan secara cepat menggunakan obat-obatan atau bisa dengan suntik insulin. Namun, jika terlalu cepat menurunkan gula darah (mendadak/secara tiba-tiba), maka akan terjadi syok diabetes (hipoglikemia).

Oleh karena itu lebih dianjurkan untuk melakukan pola hidup sehat. Tujuannya tak hanya untuk menurunkan secara cepat, tetapi juga agar tubuh dapat mempertahankan gula darah yang stabil.

Sumber Pengertian Gula Darah: honestdocs.id

Editor: Maulidya Firyanda Sulaiman

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!