Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 06:09

Indonesia Siapkan Kapal Rumah Sakit Untuk Palestina

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Indonesia akan kirimkan kapal rumah sakit ke Gaza. [Foto: Dok. Puspen TNI]

Jakarta, mu4.co.id – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Palestina Yang Mulia Dr. Zuhair S.M Al Shun, di Kemhan, Jakarta, Senin (6/11). Pertemuan ini membahas rencana penawaran untuk mengirim kapal rumah sakit ke Palestina.

“Saya membahas rencana kita, tawaran kita untuk mengirim kapal rumah sakit, dan ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah Mesir,” ujar Prabowo usai menerima kunjungan Dubes Palestina.

Saat ini TNI Angkatan Laut (AL) tengah menyiapkan satu kapal bantu rumah sakit (KBRS) yang akan dikirim ke Palestina.

Baca juga: Masjid Khalid bin Al Waleed di Gaza Rata dengan Tanah Akibat Dijatuhi Bom Militer Israel

Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muda Denih Hendrata mengatakan, untuk pengiriman kapal sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri.

“Kami akan siapkan jenis kapal rumah sakit, karena ada dua fungsi yang akan nanti kami siapkan, yaitu untuk bakti kesehatan maupun bakti sosial,” kata Denih, Kamis (9/11).

Terkait keberangkatan kapal, pihaknya akan menunggu perintah.

“Menunggu keputusan lebih lanjut, karena TNI AL bertugas untuk menyiapkan dan memberangkatkan saja pada saat ada perintah,” lanjutnya.

Kapal yang tengah disiapkan itu adalah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr Radjiman Wedyodiningrat-992.

Baca juga: Pasca Serangan Rudal Israel, Begini Keadaan RS Indonesia di Gaza

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah meninjau KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 di sela-sela acara penandatanganan nota kesepahaman atau MoU sistem elektronik berkas pidana terpadu atau e-berpadu antara TNI dan Mahkamah Agung (MA) di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin (6/11/2023). 

“KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sebagai salah satu kapal rumah sakit TNI dipersiapkan untuk merawat pengungsi korban perang dan akan bersiaga di perairan sekitar wilayah Gaza, Palestina.” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono dalam siaran pers.

Sumber: kemenhan.go.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!