Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:47

Galon Air Minum Berlumut? Begini Cara Mengatasinya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Cara mengatasi galon air minum yang berlumut [Foto: grid.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Barangkali saat ini setiap rumah sudah menggunakan air minum dalam kemasan galon, karena praktis dan bisa diisi ulang berkali-kali.

Namun, banyak orang yang masih abai terhadap kebersihan galon air minum. Galon air minum yang tidak terawat bisa membuat lumut tumbuh subur. Hal tersebut membuat air minum jadi terkontaminasi dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca juga: Pemerintah Keluarkan Aturan Tentang Izin Penggunaan Air Tanah

Lantas mengapa lumut bisa tumbuh di dalam galon air minum. Dilansir dari laman airminumisiulang.com, Selasa (23/01/2024) menjelaskan beberapa penyebabnya, diantaranya lumut dapat tumbuh subur jika air bakunya adalah air PAM atau dari sumur bor dalam kondisi yang keruh.

Selain itu faktor utama yang menyebabkan galon berlumut adalah terlalu sering terpapar sinar matahari. Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa lumut merupakan tanaman yang membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Jadi, semakin sering tangki air terpapar sinar matahari secara langsung, maka akan semakin besar kemungkinan galon ditumbuhi lumut.

Baca juga: Warga Desa Pindahan Baru Kesulitan Air Bersih, Pemprov Bagikan Air Bersih Gratis

Cara Membersihkan Galon Air Minum yang Berlumut

1. Pilih Penyaringan Air yang Tepat
Cara membersihkan galon yang lumutan pertama adalah dengan melakukan penyaringan air dengan tepat. Jika air yang digunakan berasal dari sumur atau PDAM, maka perlu menggunakan lebih banyak penyaring. Berbeda bila menggunakan air dari pegunungan yang warnanya lebih jernih, maka bisa menggunakan pasir silika dan karbon aktif sebagai bahan penyaring.

2. Rawat Galon Air Minum Secara Berkala
Untuk mencegah galon air minum kamu tidak lumutan lagi, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin. Terutama untuk bagian filternya yang tergantung pada darimana sumber air yang digunakan tersebut.

3. Jauhkan Galon Air Minum dari Paparan Sinar Matahari Langsung
Selanjutnya, jangan biarkan galon air minum terpapar sinar matahari secara langsung. Selain dari sinar matahari secara langsung, ternyata pantulan sinar dari lantai keramik juga bisa menjadi penyebab galon berlumut lho! Lebih baik kamu meletakkan galon air minum pada ruangan dengan ventilasi yang bagus. Sebab, ventilasi yang cukup dapat mencegah lumut tumbuh.

4. Sikat Galon Air Minum Secara Berkala
Cara terakhir adalah dengan membersihkannya dengan sikat galon khusus. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pasir bersih sebanyak 2 hingga 3 genggam. Masukkan pasir bersih tersebut ke dalam galon dan tambahkan sedikit air. Setelah itu, guncang-guncangkan galon sampai lumutnya menghilang.

Demikian penyebab galon air minum berlumut dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!