Media Berkemajuan

18 April 2024, 23:03

Fakta Menarik Tentang Gunung Bamega di Kotabaru Kalsel!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Gunung Bamega yang terletak di Kotabaru Kalimantan Selatan [Foto: Instagram @ joaquimrohinho]

Kotabaru, mu4.co.id – Gunung Bamega atau dikenal oleh masyarakat setempat dengan Gunung Sebatung yang memiliki ketinggian 178 mdpl berada di Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki sejumlah fakta yang menarik.

Disebut Gunung Bamega, karena memiliki karakteritik tersendiri dari gunung-gunung lainnya, yang mana Gunung Bamega sendiri berarti gunung mendung atau berawan, yakni terlihat seperti awan menyelimuti terlebih ketika pagi hari.

Bahkan Gunung Bamega sudah populer di benak masyarakat terlebih wisatawan, lokal dan regional, karena Gunung Bamega tersemat dalam sebuah lirik lagu Banjar dengan judul Paris Barantai karya Anang Ardiansyah.

Selain itu, gunung tersebut juga dikenal dengan nama Gunung Sa-ijaan dan Puncak Bendera.

Baca juga: Ilmuwan Temukan 4 Gunung Bawah Laut, Tingginya Kalahkan Bangunan Tertinggi di Dunia!

Namun gunung tersebut jarang dikunjungi oleh para pendaki, karena memerlukan beberapa hari dan pembuatan jalan setapak untuk menaikinya, tetapi jalur kualitas terbaik untuk mendaki bisa dimulai dari Desa Tirawan dengan ketinggian 62 mdpl.

Dari jalan utama menuju puncak dapat memakan waktu pendakian hingga 3 setengah jam. Namun hal tersebut terbayarkan ketika sampai di puncak gunung yang disambut dengan tiang bendera bambu besar, serta dari atas sana pengunjung juga bisa melihat lautan di antara pepohonan, dan mungkin terdengar suara berbagai kapal kargo besar yang lewat.

Selain itu, di atas puncak gunung tersebut juga terdapat beberapa tempat yang cocok untuk berkemah dan cukup luas, setidaknya bisa menampung untuk 6 tenda.

Di kawasan tersebut juga diketahui banyak bebatuan yang memiliki tekstur tidak biasa. Batu tersebut adalah batuan sedimen yang terbuat dari puing-puing vulkanik yakni partikel abu dan pecahan lava.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!