Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 02:25

Dua Relawan Indonesia di Gaza, Dikabarkan Jatuh Sakit dan Butuh Obat-obatan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Relawan MER-C di Gaza, Farid [paling kiri], Fikri [paling kanan] dan Reza di sebelahnya [Foto: voaindonesia.com]

Gaza, mu4.co.id – Dua WNI relawan MER-C (Komite Penyelamatan Darurat Medis Indonesia), Fikri Rofiul Haq (24) dan Reza Aldilla Kurniawan (30) yang memutuskan untuk tinggal di Gaza, kini dikabarkan tengah sakit dan kesulitan memperoleh obat-obatan di Kota Khan Younis, Gaza selatan.

Media Timur Tengah Al Jazeera, melaporkan bahwa kondisi kedua relawan Indonesia tersebut sangat buruk, hingga jatuh sakit. “Reza sakit parah selama empat hari terakhir,” kata Fikri, Sabtu (27/01/2024).

Fikri bahkan hendak membawa Reza ke rumah sakit, namun tidak bisa karena ditutupnya jalan akibat serangan Israel. “Kondisinya memprihatinkan dan air bersih sulit didapat. Kami semua sangat terpuruk, namun warga (Palestina) mungkin jauh lebih menderita,” ujarnya.

Baca juga: Krisis Bahan Makanan, Warga Gaza Sampai Konsumsi Makanan Burung

Fikri menjelaskan banyak warga yang meninggal karena kedinginan dan kelaparan. “Percaya tidak percaya sudah banyak orang yang meninggal karena kedinginan dan kelaparan. Ini yang menyampaikan bukan saya sendiri, bahkan dari Kemenkes Palestina sendiri juga mengatakan seperti itu,” jelas Fikri.

Menurutnya, Gaza saat ini benar-benar membutuhkan rumah sakit lapangan untuk menangani penyakit-penyakit seperti diare dan lain sebagainya.

“Tapi obat-obatan sudah habis. Banyak yang operasi tanpa bius karena kehabisan obat-obatan, tidak ada tempat untuk pasien-pasien di rumah sakit. Mereka hanya tidur atau istirahat di lantai, padahal mereka adalah korban luka-luka,” ucap Fikri.

Sebelum terjadi perang, Fikri dan Reza diketahui belajar di Universitas Islam Gaza, dan kemudian menjadi sukarelawan di RS Indonesia di Gaza utara ketika serangan Israel dimulai sejak Oktober lalu.

Adapun pada Desember lalu diketahui 3 relawan MER-C yaitu Farid, Fikri, dan Reza sebelumnya memiliki kesempatan untuk meninggalkan Gaza atau pulang ke Indonesia, namun Fikri dan Reza memilih tetap tinggal di Gaza untuk membantu rakyat Palestina di zona perang.

Baca juga: 2 Relawan RS Indonesia Putuskan Tetap di Gaza Sampai Napas Terakhir

Sumber: tempo.co, republika.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!