Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 03:47

Bus Trans Banjarbakula Akan Layani Kota Martapura, Kapan?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
[Foto: Kompas, Tripadvisor]

Martapura, mu4.co.id – Sejak mulai beroperasi pada akhir tahun 2022, layanan transportasi umum Bus Trans Banjarbakula telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, meskipun hingga tahun 2024, rute tersebut belum menjangkau Kota Martapura.

Dalam menanggapi situasi tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar telah resmi menyurati Kementerian Perhubungan melalui Balai Transportasi Darat untuk meminta agar rute layanan Bus Trans Banjarbakula juga mencakup wilayah Kota Martapura. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana.

Baca Juga: Tarif Murah Untuk 3 Golongan Penumpang Bus Trans Banjarbakula. Begini Cara Daftarnya!

”Kemarin rencana sudah beroperasi di awal Bulan Mei 2024, namun proses perjanjian kerjasama masih di godok di Pemprov Kalsel yang melibatkan sejumlah daerah pelayanan Trans Banjarkula. Insya Allah dalam waktu segera pelayanan Bus Banjarbakula  beroperasi di awal Bulan Juni 2024 ini,” jelas Kadishub Kabupaten Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana, dikutip dari kbk news, Ahad (12/5).

Rencana untuk memperluas rute layanan transportasi publik Bus Trans Banjarbakula ke Kota Martapura menuai tanggapan pro dan kontra. Tanggapan kontra berasal dari para sopir angkutan umum yang merasa terdampak oleh keberadaan layanan Bus Trans Banjarbakula.

Baca Juga: Rute Bus Tayo Bakal Sampai Kota Pelaihari!

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Banjar, H. Muhammad Rofiqi, yang menyetujui keberadaan angkutan umum yang lebih modern seperti Bus Trans Banjarbakula yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, dia menekankan perlunya regulasi yang tepat untuk memastikan tidak terganggunya trayek angkutan kota yang sudah ada di Kota Martapura.

“Saya kira sudah saatnya Kota Martapura berkembang menjadi lebih dengan tersedia transportasi umum moderen, murah dan nyaman. Karena itu saya setuju Bus Tayo (Trans Banjarbakula) masuk ke wilayah Kabupaten Banjar. Namun, perlu saya ingatkan agar diatur dengan baik agar  tidak mengganggu trayek angkutan kota yang sudah ada,” tegasnya.

Sumber: kbk news

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!