Media Berkemajuan

24 April 2024, 16:32

Buat Sejarah Baru! Inkanas Raih Medali Emas di Karate Federation Youth League 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Akio Zaiko dan Syifa Akhmalia Akhmad Raih Medali Emas dan Perunggu di Karate Federation Youth League 2024 [Foto: Instagram @pbinkanas]

Uni Emirat Arab, mu4.co.id – Institut Karate-Do Nasional (Inkanas), salah satu perguruan Karate di bawah Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia berhasil meraih prestasi yang membanggakan Indonesia.

Prestasi tersebut diraih oleh Akio Zaiko yang dengan medali emas dan Syifa Akhmalia Akhmad meraih medali perunggu, pada World Karate Federation (WKF) Youth League 2024 di Uni Emirat Arab. Kedua Karate-Ka tersebut merupakan binaan Inkanas DKI Jakarta.

Kepala Delegasi Tim PB Inkanas, Ricky Muchtar mengatakan, kemenangan ini bukan hanya teknik Karate-Ka Inkanas yang memang sudah cukup mumpuni, namun juga ditambah kelihaian dan kerjasama para pelatih PB Inkanas dalam menerapkan strategi.

“Untuk itu, tidak salah lagi kalau kami sangat bangga dengan pencapaian atlet-atlet Inkanas yang telah berjuang pada event resmi WKF ini, namun perjuangan kami masih panjang, masih terdapat beberapa atlet lagi yang akan bertanding,” ujarnya, dikutip dari liputan6.com, Sabtu (24/02/2024).

Baca juga: Siswi Indonesia Peraih Medali Emas Karate Internasional Ini Berbagi Pengalaman Usai Kalahkan Portugal-Brazil!

Sebagai Inkanas yang kerap kali mengirimkan atlet-atletnya ke Kejuaraan International, prestasi tersebut diketahui merupakan rekor terbesar sepanjang sejarah Karate Indonesia.

Akio Zaiko dan Syifa Akhmalia Akhmad Raih Medali Emas dan Perunggu di Karate Federation Youth League 2024 [Foto: Instagram @pbinkanas]

Akio, siswa SMA 55 Jakarta Selatan ini berhasil mendapatkan medali emas tersebut setelah bertanding sebanyak 7 kali. Perjuangannya bertanding di kategori Kata Individu Putra Junior itu tidak mudah, karena kompetitornya terbilang banyak hingga 87 orang dan terbagi kedalam 8 pool.

Sebelumnya Akio juga mendapatkan Juara Asia di Kazakhstan. Adapun pada kejuaraan kali ini ia berhasil mengalahkan lawan-lawannya diantaranya yaitu:

  • Round 1: Mischler Kevin – Swiss (skor 36.7 vs 36.5)
  • Round 2: Zlabek Jakub – Republik Ceko (skor 38.0 vs 36.7)
  • Round 3: Olagnero Giovanni – Italia (skor 38.3 vs 34.7)
  • Round 4 Final Pool: Huic Dino – Kroasia (skor 39.3 vs 38.6)
  • Round 5 1/4 Final: Abu Wahib Jonas – Jerman (skor 39.2 vs 38)
  • Round 6 Semi Final: Veira Joao – Portugal (skor 40.2 vs 39.4)
  • Round 7 Final: Ling Josiah – Selandia Baru (skor 41.0 vs 39.9)

Sementara itu, Syifa Akhmalia Akhmad di kelas Kata Individu Putri Junior berhasil meraih Perunggu setelah bertanding sebanyak 5 kali, dengan mengalahkan lawan-lawannya, yaitu:

  • Round 1: Alae Shokrollahi – Iran (skor 38.9 vs 35.7)
  • Round 2: Rafaat Jana – Mesir (skor 38.1 vs 38.6)
  • Repechage Round 1: Oliveira Ines – Portugal (skor 37.9 vs 37.9)
  • Repechage Round 2: Ete Lipin – India (skor 38.0 vs 36.2)
  • Bronze Medal Bout: Ismail Mariam – Mesir (skor 39.2 vs 38.7)

Sebagai informasi, Inkanas merupakan satu satunya perguruan Karate di Indonesia yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan WKF Karate event dengan mengirimkan atlet pada Kejuaraan WKF Series A di Shanghai dan Jakarta kemudian WKF World Premiere League di Dubai dan kini WKF Youth League Fujairah.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!