Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 06:23

Bolehkah Mandi Saat Demam? Ini Penjelasannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi demam. [Foto: idea.grid.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas normal yang disebabkan oleh infeksi, bisa itu karena infeksi virus seperti covid, atau demam berdarah atau bahkan infeksi bakteri dan lainnya. 

Namun, demam juga bisa terjadi karena efek penyakit autoimun seperti radang usus atau lupus. Selain itu, peradangan juga dapat menyebabkan demam. 

Dr. Meldy Muzada Elfa, Sp. PD., FINASIM mengatakan, jika terkena demam maka diperlukan penanganan demam yang sesuai dengan penyebabnya. “Misalnya karena virus maka kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh, bakteri kita harus berikan antibiotik, malaria karena parasit kita berikan obat anti parasit.” ujarnya.

Baca juga: Mulut Terasa Pahit Saat Sakit? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lalu, apakah orang demam diperbolehkan mandi?  

Dr. Meldy menegaskan bahwa orang demam tidak dilarang mandi kecuali memang demamnya itu akibat virus cacar air.

Karena jika sedang mengalami cacar air, ditakutkan ada luka dan sebagainya pada kulit yang dapat menyebabkan luka tambah parah sehingga untuk sementara mandinya itu ditunda hingga luka mengering.

Jadi tidak ada larangan secara umum untuk mandi. 

Namun yang perlu diingat adalah cara mandi yang tepat dan benar agar dapat membantu meringankan keluhan akibat demam tersebut.

Dr. Meldy menjelaskan, jika sedang demam mandilah dengan suhu berkisar 32-36°C. Angka di suhu ini merupakan suhu yang optimal.

Air yang bersuhu dikisaran tersebut dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang berada di atas 37,5 derajat dan menjadikannya suhu yang normal.

Sementara untuk cara mandinya, yakni basahi tubuh pelan-pelan, mulai dari kaki hingga ke atas ke kepala, lalu siram seluruh tubuh hingga 10-15 menit. 

Kemudian setelah mandi langsung keringkan tubuh dan kenakan pakaian bersih yang nyaman. Dan ingat pakaian yang dipilih adalah bahan yang tipis dan menyerap keringat. 

Baca juga: Nyemil Malam Hari Sebabkan Asam Lambung Naik? Simak Ulasannya!

Jangan menggunakan selimut yang tebal atau jaket yang tebal. Karena bahan yang tebal itu dapat menjebak panas tubuh dan akan membuatnya sulit untuk turun. 

Selain itu pada saat demam tentunya banyak yang perlu diperhatikan, yang pertama banyak minum air putih yang berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Karena pada saat demam terjadi peningkatan kadar penguatan cairan tubuh yang sering kali tidak disadari. Selanjutnya minum obat penurun panas, kemudian beristirahat dan jika demam tidak kunjung menurun maka harus periksa ke dokter.

Editor: Alfina Amalia

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!