Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 13:31

Mulut Terasa Pahit Saat Sakit? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Foto: halodoc.com

Banjarmasin, mu4.co.id – Mulut terasa pahit saat sakit sering dikeluhkan dan tentunya sangat mengganggu karena berimbas pada hilangnya nafsu makan. Seorang pendengar Podcast Assalamualaikum Dokter mengalami hal ini dan menanyakannya.

“Mengapa saat sedang sakit atau demam mulut atau tenggorokan terasa pahit? Tenggorokan terasa pahit ini berimbas pada hilangnya nafsu makan, mengapa bisa begitu? Apakah ada hubungannya dengan obat-obatan demam atau antibiotik yang saya minum sehingga mulut terasa pahit? Bagaimana cara mengatasinya? Berapa lama kondisi mulut terasa pahit ini akan menghilang?” tanya pendengar bernama Daniar.

dr. Meldy Muzada Elfa, Sp.PD., FINASIM. menjelaskan ada beberapa penyebab terjadinya mulut terasa pahit saat sakit.

Naiknya asam lambung

Pada saat sakit kita ketahui bersama bahwa nafsu makan orang sakit itu menurun sedangkan produksi asam lambung itu tetap saja seperti biasa sehingga kondisi yang mungkin terjadi adalah asam lambung itu naik ke atas sehingga menyebabkan mulut terasa pahit. 

Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat-obatan contohnya antibiotik tertentu dapat menyebabkan rasa pahit pada mulut atau konsumsi obat-obat radang seperti methylprednisolone atau prednisone itu juga menyebabkan mulut terasa pahit.

Mulut yang kering

Mulut yang kering itu menyebabkan pertumbuhan bakteri sehingga mulut akan terasa tidak nyaman dan terasa pahit dan ini juga berpengaruh terhadap tenggorokan menjadi terasa tidak enak.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Jika penyebabnya asam lambung maka sedapat mungkin diberikan obat-obatan untuk  mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Namun, jika karena obat antibiotik atau obat-obat tertentu maka konsumsi obat dihentikan jika menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman.

Sedangkan cara mengatasi keadaan mulut yang kering maka disarankan untuk berkumur-kumur dengan pelembab mulut. Banyak obat kumur yang berfungsi untuk pelembab juga. Misalnya obat kumur yang mengandung aloe vera, yaitu suatu cairan yang berasal dari lidah buaya. Selain itu banyak minum dan membersihkan gigi dan mulut.

Editor : Alfina Amalia

[post-views]
Selaras