Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 08:14

Belum Dapatkan Lampu Hijau, Israel Minta Penerbangan Haji Langsung ke Arab Saudi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Belum Dapatkan Lampu Hijau, Israel Minta Penerbangan Haji Langsung ke Arab Saudi. [Foto: Pikiran Rakyat]

Israel, mu4.co.id – Untuk memudahkan akses bagi muslim di negaranya yang ingin menunaikan haji, Israel berencana mengajukan permintaan ke Arab Saudi untuk pembukaan penerbangan haji secara langsung. Hal ini hanya bisa terwujud jika Arab Saudi bersedia mengeluarkan izin penerbangan langsung dari wilayahnya.

Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen mengatakan permintaan telah diajukan. “Masalah ini sedang didiskusikan,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Radio Angkatan Darat Israel, dikutip dari Reuters, Selasa (9/5).

Eli Cohen mengaku optimis dengan rencana kemudahan akses pelaksanaan ibadah haji bagi muslim negaranya dan optimis bisa “berdamai” dengan Arab Saudi. Ia juga meyakini langkah potensial menuju normalisasi hubungan Israel dan Arab Saudi.

Diketahui selama ini muslim dari Israel dan Palestina selalu harus melakukan perjalanan ibadah haji melalui negara pihak ketiga. Akibatnya, biaya yang dikeluarkan makin membengkak dan bertambah dengan adanya ketidaknyamanan.

Sedangkan terkait hubungan antar negara, sejumlah negara Arab memang telah membuka hubungan ke Israel. Di antaranya Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain.

Namun, Kerajaan Raja Salman bin Abdulaziz sendiri belum memberi lampu hijau kerja sama. Riyadh masih menegaskan kemerdekaan Palestina harus ditandatangani lebih dulu.

Ketika masa pemerintahan PM Yair Lapis, sebelum Netanyahu, Arab Saudi disebut telah menyetujui penerbangan haji langsung pertama dari Israel. Diketahui sekitar 18% dari populasi Israel adalah Muslim.

Pemerintah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga sempat menyinggung ini Juni 2022. Di mana Paman Sam memperkirakan akan ada penerbangan charter langsung dari Israel ke Arab Saudi untuk haji.

Terkait hal ini seorang pejabat senior AS memberikan pengarahan bahwa masalah ini “tidak jelas” apakah penerbangan akan dilanjutkan. Ini ia utarakan dalam updatenya beberapa hari ini

Sumber: cnbcindonesia.com pikiran-rakyat.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!