Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 20:40

Warga Israel Injak-Injak Bantuan Kemanusiaan Gaza, Kemlu Buka Suara!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Warga Israel Injak-Injak Bantuan Untuk Gaza [Foto: theguardian.com]

Jakarta, mu4.co.id – Sejumlah warga Israel memblokir truk bantuan yang menuju Gaza, dan menginjak-injak bantuan makanan yang coba disalurkan tersebut. Hal itu terlihat dari video yang beredar di media sosial.

Dalam video dilihat bagaimana warga Israel melempar dan menginjak paket bantuan tersebut dari truk ke tanah yang dari kemasannya berbentuk kardus Indomie, hal itu menyebabkan ratusan kardus berserakan.

Untuk diketahui berdasarkan laporan dari Reuters, hal tersebut diorganisir oleh Order of 9. Mereka mengatakan bantuan yang dikirim tersebut langsung jatuh ke tangan Hamas. Menurut mereka, selama Hamas masih bisa mengendalikan distribusi bantuan di jalur Gaza, kelompok tersebut tidak akan tertarik pada kesepakatan untuk membebaskan lebih dari 100 sandera.

Baca juga: DK PBB Gagal Sahkan Resolusi Keanggotaan Penuh Palestina, Kemenlu RI Angkat Suara!

Melihat blokade warga sipil Israel atas pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia pun buka suara. Pemerintah RI mengutuk aksi tersebut, karena dinilai membuktikan posisi Israel yang terus bertindak represif terhadap warga Gaza.

“Pembiaran yang dilakukan oleh aparat keamanan Israel membuktikan posisi Israel yang terus mencoba menghalangi dengan berbagai cara penyaluran bantuan kemanusiaan bagi rakyat Gaza. Tindakan tersebut seharusnya ditindak dengan tegas dan dipastikan tidak terulang lagi,” tulis Kemenlu di akun X Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (16/05/2024).

Kemlu juga menyebut tindakan aparat keamanan Israel yang membiarkan aksi tersebut membuktikan bahwa Negeri Zionis terus berupaya dengan segala cara menghalangi penyaluran bantuan kemanusiaan bagi rakyat Gaza. Pemerintah mengatakan tindakan tersebut seharusnya ditindak dengan tegas dan dipastikan tidak terulang lagi.

“Jaminan kelancaran  bantuan kemanusiaan sangat penting. Dewan Keamanan harus  memastikan jaminan dari Israel bagi  kelancaran pemberian bantuan kemanusiaan, guna mencegah  memburuknya katastropi kemanusiaan di Gaza.,” lanjut pernyataan tersebut.

Sumber: cnbcindonesia.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!