Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:17

Viral Video Hujan Salju Turun di Masjidil Haram, Benar Atau Hoaks?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Beredar video viral yang menyebutkan hujan salju turun di Masjidil Haram

mu4.co.id – Beredar video dengan narasi hujan salju terjadi di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, di media sosial. Disebutkan, salju turun pada 1 Januari 2023.

“Pertama kali dalam sejarah, salju turun di Makkah Al-Mukarramah, Minggu, 1 Januari 2023,” begitu rata-rata narasi yang menyertai video yang viral itu.

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi (The National Meteorology Center/NMC) lembaga seperti BMKG memastikan video itu hoaks. Video itu disebut telah mengalami penambahan efek atau editing.

Dalam video yang berdurasi 55 detik tersebut diunggah di akun Youtube Bazme Masarrat pada Sabtu (31/12/2022). Klip dengan durasi yang lebih singkat kemudian dibagikan di sejumlah platform media sosial.

Tampak para jemaah lelaki dan perempuan yang mengenakan pakaian ihram berjalan di Masjidil Haram dengan hamparan salju di sekitar mereka.

Terlihat pula sejumlah orang juga terlihat mengambil gambar melalui telepon pintar mereka dalam video itu. Begitu pula polisi Saudi yang berjalan menggunakan payung. Namun Pemerintah Kerajaan Saudi menegaskan kabar tersebut merupakan hoaks alias berita palsu.

Saat ini di kawasan Makkah, memang sedang berlangsung musim dingin. Beberapa kali hujan turun, termasuk di Masjidil Haram. Tetapi tidak sampai terjadi hujan salju seperti yang terlihat di video tersebut.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!