Media Berkemajuan

17 April 2024, 20:51

Terapkan Empat Fungsi Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ustaz H. Mas’udi, HS [Youtube: ALJIHAD TV]

Banjarmasin, mu4.co.id – Selain sebagai sumber hukum islam, Al-Quran mempunyai beberapa fungsi lain. Ustaz H. Mas’udi, HS memaparkan beberapa fungsi tersebut pada Kajian Muslimah, Rabu, (1/2/2023) di Masjid Al-Jihad. Kajian ini juga dapat disaksikan melalui kanal Youtube Al-Jihad TV.

Dalam ceramahnya, Ustaz Mas’udi menyampaikan bahwa sebagai seorang muslim dan muslimah seyogianya manusia wajib menerapkan keempat fungsi Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Fungsi yang pertama, kita harus belajar kepada Al-Quran. Belajar membaca, memahami, mentadaburkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ustaz Mas’udi.

Ia menegaskan bahwa Al Quran adalah bimbingan yang tidak pernah tertandingi. Tak ada kesesatan dan keraguan bagi orang yang menjadikan Al-Quran sebagai rujukan. “Jadikanlah Al-Quran itu pelajaran. Jika berpaling dari Al-Quran, maka setan akan mengendalikan hidup seseorang.”

Fungsi yang kedua ialah Al-Quran sebagai obat jiwa dan hati. Obat hati yang gelisah, tidak tenang. “Kalau bahasa anak zaman sekarang itu namanya hati sedang galau. Bacalah Al-Quran, jangan dibiarkan kegalauan itu. Sesudah Al-Quran dibaca? Allah cabut kegalauan di hati, Allah tanamkan ketenangan jiwa.”

Jadikan Al-Quran obat yang benar-benar bisa mengobati jiwa semua orang. “Al-Quran itu dibaca dengan kandungannya, dapat memperbaiki jiwa manusia. Menghilangkan kegelisahan dalam hati manusia.”

Empat Fungsi Al-Quran [Foto: Getty Images/iStockphoto/Husam Cakaloglu/detik.com]

Fungsi selanjutnya ialah menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk. Al-Quran bukanlah keraguan, melainkan petunjuk dan bimbingan bagi orang yang bertaqwa. Seorang muslim dan muslimah akan mendapatkan kehidupan terbaik jika menjadikan Al-Quran sebagai pembimbing mereka.

“Ingin ketaqwaan dan ketaatan kita baik? Ambil semua itu pada Al-Quran. Karena ada catatan dan nasihat yang tidak tertara luasnya. Bimbingan terhadap kebaikan yang tiada duanya,” terang Ustaz Mas’udi.

Terakhir, fungsi keempat yaitu Al-Quran menjadi rahmat bagi orang beriman. “Orang yang memegang teguh ajaran Al-Quran akan mendapat cucuran rahmatnya.”

Lewat ceramahnya, Ustaz Mas’udi mengajak jamaah agar terus membaca Al-Quran meski terbata-bata. “Jangan takut dan malu kalau bacaannya maju mundur atau terus-terusan dibetulkan. Karena ada bonus pahala tambahan, pahalanya digandakan untuk orang yang sabar dalam itu. Asal berusaha belajar, terus membaca.”

Sumber: https://www.youtube.com/live/E1N9iGq5SL8?feature=share

Editor: Maulidya Firyanda Sulaiman

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!