Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 07:00

Sederet Hidangan Hari Raya Khas Kalsel, Mana Kesukaanmu?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Sajian Lebaran [Foto: bobo.kidnesia.com via jatim.tribunnews.com]

Banjarmasin, mu4.co.id — Selain identik dengan mudik dan menyambung silaturrahmi bersama keluarga atau teman, lebaran rasanya tak lengkap jika belum makan-makan. Berbagai hidangan kerap hiasi meja, mulai dari makanan kering hingga berkuah.

Berikut ini Penulis rangkumkan makanan yang sering eksis kala lebaran di wilayah Kalimantan Selatan:

1. Soto Banjar

Soto Banjar [Foto: Negeriku Indonesia via news.unair.ac.id]

Anda pastinya sudah tak asing lagi dengan yang satu ini. Soto Banjar adalah makanan khas Kalimantan Selatan nan kerap disajikan saat lebaran. Gurihnya kuah berpadu dengan ketupat dan lezatnya daging ayam sukses buat mulut tak berhenti mengunyah.

2. Nasi Sop Banjar

Nasi Sop Banjar [Foto: yummy.co.id/Ummu LaZha]

Hidangan ini juga sering tersaji kala lebaran. Nasi Sop Banjar jadi opsi kedua bagi Anda yang tak suka ketupat atau ingin porsi makanan nan lebih mengenyangkan. Sama seperti Soto Banjar, santapan satu ini disajikan dengan suwiran ayam kampung, telur, serta kuah gurih hangat. Bedanya, jika Soto Banjar menggunakan ketupat, Nasi Sop disajikan dengan nasi putih.

3. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan [Foto: borneo24.com]

Ketupat Kandangan kerap jadi menu sarapan bagi Masyarakat Banjar. Namun, hidangan asal Kandangan, Kalimantan Selatan ini biasanya turut hadir dalam momen lebaran.

Ketupat bertemu kuah santan kental dan ikan haruan (gabus) bakar yang khas selalu berhasil manjakan lidah. Aroma smokey dari ikan haruan bakar bak menambah cita rasa makanan itu sendiri.

Biasanya hidangan berkuah dimakan dengan sendok, tetapi Ketupat Kandangan juga bisa dinikmati dengan tangan kosong. Unik bukan?

4. Lontong

Lontong Khas Banjar [Foto: cookpad.com/Annisa Rahmatillah]

Lontong tak pernah absen dari meja makan kala lebaran. Hidangan ini sering kali dipilih para ibu untuk disajikan sewaktu Hari Raya karena dinilai praktis dan mudah dibuat. Lontong biasanya dimakan bersama kuah santan berpadu sayur nangka muda dan kacang panjang plus lauk ayam, haruan, atau telur masak habang (merah).

5. Bakso

Bakso [Foto: Sajian Sedap via kompas.com]

Bakso biasanya jadi kegemaran anak-anak setiap berkunjung ke rumah kerabat. Pentol daging nan gurih nikmat ditambah kuah kaldu yang ringan dengan mie kuning atau putih tak pernah gagal manjakan lidah Anda.

Itulah beberapa hidangan yang sering tampil saat Hari Raya di Kalimantan Selatan. Yang mana hidangan favorit Anda?

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!