Media Berkemajuan

13 April 2024, 11:07

Sebelum Mudik, Ini Hal Yang Wajib Dilakukan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
[Foto: NaikMotor.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Libur panjang Lebaran akan segera tiba. Masyarakat Indonesia biasanya pulang ke kampung halaman untuk merayakan bersama keluarga. Namun, agar momen berkumpul berjalan lancar, beberapa hal perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah saat mudik.

Baca Juga: Pemko Banjarbaru dan Pemprov Kalsel Buka Layanan Mudik Gratis Hingga 1.000 Kouta, Daftar Sekarang!

Dilansir dari detik properti pada Selasa (2/4), berikut 7 hal yang harus dilakukan sebelum berangkat mudik.

  1. Rapikan Rumah Sebelum Mudik
    Merapikan rumah sebelum mudik dapat memberikan kemudahan saat kembali. Dengan menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum berangkat, kamu bisa lebih santai berkumpul dengan keluarga tanpa khawatir tentang pekerjaan rumah yang tertunda.
  2. Tunda Kiriman atau Paket
    Sebaiknya tunda pengiriman atau paket yang akan masuk ke rumah saat kamu meninggalkannya dalam waktu yang lama. Paket yang menumpuk di depan rumah dapat menarik perhatian pencuri karena menandakan rumah kosong. Kamu juga bisa meminta bantuan tetangga atau orang kepercayaan untuk mengamankan paket tersebut.
  3. Matikan Kulkas
    Untuk menghemat energi, matikan kulkas sebelum meninggalkan rumah dan pastikan untuk menghabiskan atau membuang sisa makanan di dalamnya. Gunakan soda kue untuk menjaga kulkas tetap segar dengan membersihkan bagian dalamnya dan meletakkan soda kue terbuka di dalamnya untuk menyerap bau dan mencegah pertumbuhan jamur dan lumut.
  4. Hemat Listrik
    Sebelum meninggalkan rumah untuk waktu yang lama, pastikan untuk mencabut semua peralatan listrik yang tidak digunakan, seperti mesin pembuat kopi, microwave, TV, dan matikan AC untuk menghemat energi.
  5. Matikan Air
    Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk mematikan aliran air ke wastafel, keran, dan mesin cuci untuk mencegah kebocoran yang tidak terduga.
  6. Jadwalkan Lampu
    Sebelum pergi untuk waktu yang lama, hindari mematikan semua lampu di rumah karena dapat menarik perhatian pencuri. Solusinya adalah menggunakan lampu otomatis yang menyala saat gelap atau lampu dengan sistem pengatur waktu yang dapat diatur. Jika tidak, kamu bisa menyalakan lampu di teras atau luar rumah untuk memberikan kesan rumah yang tidak sepi.
  7. Ambil Tindakan Keamanan
    Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan rumah aman dengan mengunci pintu, jendela, dan pagar. Pasang CCTV untuk memantau rumah dari jauh dan kunci barang berharga di brankas. Parkirkan mobil di garasi dan beri tahu tetangga atau orang kepercayaan bahwa kamu akan pergi.

Sumber: detik properti

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!