Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:34

Saudi Temukan Gua Terpanjang Dengan Fosil Hewan Ibex

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Saudi temukan gunung terpanjang yang terdapat fosil hewan Ibex di Khaybar [Foto: sindonews.com]

Khaybar, mu4.co.id – Kerajaan Arab Saudi berhasil menemukan gua luar biasa di Khaybar yang berlokasi di sebelah timur laut Madinah yang terdapat fosil hewan Ibex didalamnya.

Penemuan ini akan menjadi daya tarik wisata geologi, menambah daftar destinasi unik di negara tersebut. Survei Geologi Arab Saudi mencatat gua yang baru ditemukan ini sebagai gua terpanjang di Arab Saudi dengan panjang mencapai 5 kilometer.

Baca juga: Puncak Soudah Akan Jadi Tempat Wisata Pegunungan Baru di Arab Saudi!

Dilansir dari Gulf News, Rabu (24/1/2024), Tariq Aba Al Khail, juru bicara resmi Survei Geologi Arab Saudi, mengatakan gua yang diberi nama Abu Al Wo’ol ini akan menjalani studi teknis lebih lanjut sebelum dibuka untuk wisatawan.

Keunikan gua Abu Al Wo’ol bukan hanya ukurannya yang besar dan panjang tapi juga fitur-fiturnya. Keberadaan banyak rangka ibex (kambing gunung purba) di dalamnya, menambah lapisan sejarah alam yang menarik ke dalam gua tersebut.

Terdapat beberapa rangka hewan Ibex di dalam gua Abu Al Wo’ol, Khaybar [Foto: istickphoto.com, depositphotos.com]

Baca juga: Jadi Warisan UNESCO, Madain Saleh Dianggap Kota Terkutuk dan Dijauhi Nabi

Temuan geologi luar biasa ini diharapkan menjadi aset penting untuk proyek-proyek geopark kerajaan, yang saat ini dipimpin oleh Departemen Geowisata dan Survei Geologi Arab Saudi.

Selain potensinya sebagai daya tarik wisata, gua Abu Al Wo’ol akan menjadi sumber berharga bagi peneliti dan akademisi yang mengkhususkan diri dalam geologi, menciptakan peluang baru untuk eksplorasi ilmiah.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!