Media Berkemajuan

13 April 2024, 10:54

Penyelundupan 55 Keping Kue Mengandung Ganja Berhasil Digagalkan Bea Cukai dan BNNP

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Dua orang terduga pelaku penyelundupan kukis rasa ganja di Makassar diamankan petugas. [Foto: liputan6.com] 

Sulawesi Selatan, mu4.co.id – Upaya penyelundupan 55 keping kue kukis yang mengandung ganja seberat 278,3 gram berhasil digagalkan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan pada 3 Januari 2024.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Nazwar mengatakan penindakan ini dilakukan berdasarkan informasi intelijen yang kemudian ditindaklanjuti dengan profiling dan controlled delivery.

“Setelah dilakukan pengawasan, kami berhasil mengamankan barang bukti tersebut di dalam sebuah paket yang dikirim melalui jasa ekspedisi,” kata Nazwar dalam keterangan tertulis, Ahad (7/1/2024).

Baca juga: Heboh! Polisi Grebek Rumah Produksi Keripik Pisang Narkoba di Bantul

Berdasarkan hasil penyelidikan, Bea Cukai Sulbagsel dan BNNP Sulsel berhasil mengamankan dua orang terduga pelaku yang terlibat dalam penyelundupan ini. Terhadap barang bukti dan para pelaku, telah diserahterimakan ke BNNP Sulsel untuk pemeriksaan lanjutan.

“Keberhasilan sinergi ini merupakan bukti nyata kerja sama antara instansi yang efektif dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara. Kami berkomitmen untuk memberantas peredaran narkotika, sebagai bagian dari upaya melindungi generasi muda dan masyarakat luas dari dampak negatif narkoba.” tutur Nazwar.

Bea Cukai juga terus melakukan penindakan pengawasan dalam rangka melindungi masyarakat dan mendukung ekonomi. Selama tahun 2023 paling banyak berasal dari penyelundupan hasil tembakau 67,8%, minuman yang mengandung etil alkohol (MMEA) 8,5%, Narkotika, Psikotropika dan Prekusor (NPP) 3,2%, besi baja 1,7%, serta tekstil 1,6%.

Khusus NPP, Bea Cukai berhasil mencegah 5,5 ton barang sepanjang 2023. Penindakan itu diperkirakan dapat menyelamatkan 17,8 juta jiwa yang akan menggunakan narkoba dan bisa memengaruhi kesehatan.

Baca juga: Tak Terdaftar di BBPOM, Minuman Kemasan Beralkohol Asli Otentik (AO) Beredar di Banjarmasin

 “Berbagai pengawasan terutama untuk melindungi industri dalam negeri seperti balpress (pakaian bekas) atau tekstil kita juga lakukan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers realisasi APBN 2023 di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2024).

Sumber: detikfinance

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!