Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 15:18

Pemadaman Listrik se-Sumatera Kembali Terjadi, Karena Ini!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi media transmisi atau distribusi energi listrik [SUTET] [Foto: solarindustri.com]

Palembang, mu4.co.id – General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (PLN UID S2JB), Adhi Herlambang mengatakan ada pemadaman listrik Kembali di Wilayah Pulau Sumatera, Jambi, dan Bengkulu, pada Kamis (06/06/2024) kemarin.

Adhi menyebutkan jaringan sudah stabil dan 100% normal, namun masih ada potensi pemadaman saat beban puncak terjadi, sebagai upaya normalisasi kelistrikan di Pulau Sumatera setelah sebelumnya adanya pemadaman hingga 38 jam akibat gangguan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat, pada Selasa (04/05/2024).

“Nanti sekitar pukul 18.00 WIB-20.00 WIB waktu beban puncak akan ada potensi pemadaman listrik kembali. Pemadaman ini terjadi karena semua pembangkit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) itu saat beban puncak masuk ke semua sistem jaringan di Sumatera. Jadi nanti listriknya padam merata se-Sumatera dari Aceh hingga Lampung,” kata Adhi, dilansir dari detik.com, Kamis (06/06/2024).

Baca juga: Saat Hujan Lebat Disertai Petir, Apakah Alat Elektronik di Rumah Perlu Dicabut?

Lebih lanjut Adhi mengatakan, pihaknya masih fokus menormalisasikan jaringan listrik ini. “Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Semua sistem sudah normal 100%,” tegasnya.

Menanggapi pemadaman listrik di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebutkan perlu adanya penguatan kapasitas listrik di wilayah tersebut untuk memenuhi kebutuhan listrik jika terjadi gangguan.

“Di Sumatera memang perlu ada penguatan kapasitas, sehingga kalau terjadi sesuatu lagi, dicari di mana sumber-sumber yang bisa dialirkan ke sana,” ujar Moeldoko Jumat (07/06/2024), dikutip dari kompas.com

[post-views]
Selaras