Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:10

Saat Hujan Lebat Disertai Petir, Apakah Alat Elektronik di Rumah Perlu Dicabut?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
sambaran petir
Perlukan alat elektronik dicabut saat hujan disertai sambaran petir? [Foto: kompas.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Ketika terjadi hujan lebat dan disertai petir, bahkan rumah kita seringkali mengalami pemadaman listrik. Hal ini dilakukan oleh PLN untuk menghindari korsleting listrik akibat adanya sambaran petir. Sehingga tak jarang kita sering mendengar anjuran untuk mematikan dan mencabut perangkat elektronik dan kabel-kabel yang ada di rumah saat terjadi hujan petir.

Lantas apakah tindakan tersebut benar-benar diperlukan? Atau hanya asumsi saja? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Potensi Hujan Deras Disertai Petir, BMKG Imbau Seluruh Wilayah Kalsel Untuk Waspada

Mengutip dari laman How Stuff Works, Ahad (28/4), mencabut perangkat elektronik saat terjadi badai petir ternyata memang bisa melindungi perangkat dari lonjakan listrik yang disebabkan oleh petir. Saat kondisi hujan lebat, petir bisa menyambar ke mana saja termasuk juga ke dekat kabel listrik rumah.

Saat petir menyambar kabel listrik, alirannya akan merambat melalui kabel tersebut sehingga terjadi lonjakan listrik yang besar. Akibatnya bisa membakar peralatan elektronik di rumah atau bahkan menyebabkan korsleting dan kebakaran.

Baca juga: Deteksi Kehadiran Pemicu Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Sebenarnya ada cara untuk meminimalisir hal ini, yaitu dengan memasang pelindung lonjakan arus listrik. Pelindung ini bisa membantu untuk membatasi jumlah voltase yang diterima oleh perangkat elektronik sehingga bisa meminimalisir adanya lonjakan listrik pada perangkat elektronik di rumah. Akan tetapi, kita tetap tidak bisa hanya mengandalkan pelindung lonjakan ini.

Sebab, lonjakan listrik yang dihasilkan dari sambaran petir sangat besar dan sangat mungkin untuk bisa menembus pelindung ini. Oleh karena itu, sebaiknya disarankan untuk mencabut perangkat elektronik yang berpotensi tinggi terkena lonjakan arus listrik saat tersambar petir. Contohnya seperti televisi, printer, charger, telepon, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan bencana yang mungkin terjadi akibat sambaran petir.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!