Media Berkemajuan

24 Februari 2024, 21:14

PeduliLindungi Bakal Ganti Nama Jadi “SatuSehat Mobile”, Ini Alasannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Aplikasi PeduliLindungi. [Foto: dok. Dinkes Kalbar]

Banjarmasin, mu4.co.id – Siapa yang tak kenal aplikasi PeduliLindungi? Aplikasi yang selama 3 tahun terakhir digunakan untuk membantu melacak penyebaran Covid-19 ternyata di akhir bulan ini akan berganti nama dan memperluas fungsi dan fitur.

PeduliLindungi akan segera bertransformasi pada 28 Februari 2023 menjadi aplikasi “SatuSehat Mobile”.

“Kami sedang transisi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat. Kami akan meluncurkan, mudah-mudahan, akhir 28 Februari kami akan meluncurkan menjadi Satu Sehat Mobile,” kata Setiaji, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dikutip dari Antaranews Sumbar, Jumat (17/2/2023).

Meski aplikasi ini berganti nama dan penambahan fitur, masyarakat tidak perlu menghapus atau uninstall PeduliLindungi karena nantinya, aplikasi SatuSehat Mobile memiliki manfaat yang luas untuk masyarakat. 

SatuSehat Mobile merupakan aplikasi kesehatan umum yang menyimpan hampir seluruh rekam medis pengguna, tak hanya yang berkaitan dengan Covid-19.

Adapun rekam medis dalam aplikasi ini termasuk berbagai rekam vaksinasi, hasil pemeriksaan laboratorium, hingga basis data stunting.

Sehingga, dalam satu aplikasi ini memudahkan masyarakat dan tenaga medis terkait penyimpanan dan pertukaran data kesehatan serta lebih efektif dan efisien.

Terkait keamanan data, Setiaji menjaminnya karena terlindungi di bawah Kemenkes. Sebelumnya mereka sudah melakukan persiapan seperti mendapat penilaian dari BSSN soal tata kelola. Kemenkes juga sedang melakukan ISO 27001 untuk memastikan secara infrastruktur aplikasi dan lain sebagainya aman.

Hadirnya aplikasi SatuSehat merupakan upaya penyederhanaan aplikasi kesehatan yang ada saat ini.

Sehingga, kedepannya masyarakat tidak perlu lagi membawa berkas rekam medis fisik bila harus berpindah rumah sakit. Sebab, semua resume rekam medis pasien telah terekam secara digital di platform SatuSehat.

Sumber: tekno.kompas.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!