Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 05:38

Mulai Februari 2024 Masjid Al Jihad Banjarmasin Buka Kelompok Pembelajaran Al Qur’an Untuk Semua Usia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kelompok Pembelajaran Al Qur'an di Masjid Al Jihad Banjarmasin
Kelompok Pembelajaran Al Qur'an di Masjid Al Jihad Banjarmasin [Foto: bsimaslahat.org]

Banjarmasin, mu4.co.id – Masjid Al Jihad Banjarmasin membuka kelompok pembelajaran Al Qur’an untuk remaja dan dewasa mulai Ahad (04/02/2024).

Tidak tertutup kesempatan dari usia remaja hingga di atas 50 tahun diperbolehkan mengikuti kelompok pembelajaran Al Qur’an ini. Karena tidak ada kata terlambat dalam menuntut ilmu dan belajar agama.

Kelompok Pembelajaran Al Qur’an ini bertujuan untuk memfasilitasi bagi yang ingin belajar membaca Al Qur’an dari nol, atau yang ingin memperlancar bacaan Al Qur’annya beserta kaidah hukum Tajwidnya dan bagi yang ingin membaca Al Qur’an dengan qiro’ah yang baik dan benar. Bahkan bisa juga untuk yang ingin menjadi kader penghapal Al Qur’an.

Baca juga: Kelas Tahsin & Tartil Al-Qur’an, Terobosan Baru PCNA Banjarmasin 4

Pembelajaran Al Qur’an ini terbagi menjadi 5 kelompok, yaitu:

  1. Pra Tahsin (Untuk jemaah dewasa, termasuk diatas usia 50 tahun, 5-10 orang perkelompok)
  2. Tahsin (Untuk jemaah dewasa, termasuk diatas usia 50 tahun, 5-10 orang perkelompok)
  3. Tadarus (Untuk jemaah dewasa, lebih 10 orang perkelompok)
  4. Tilawah (Untuk jemaah remaja dengan ketentuan khusus)
  5. Tahfidz (Untuk jemaah remaja dengan ketentuan khusus)

Baca juga: SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Gelar Wisuda Tahfidz School Ramadhan

Waktu pembelajaraan setiap Ahad malam, Rabu malam dan Jum’at malam pada bakda maghrib hingga menjelang adzan Isya. Tiap kelompok belajar Al Qur’an dibimbing oleh satu orang ustaz.

Tempat pembelajaran Al Qur’an di lantai dasar masjid Al Jihad Banjarmasin dan di rumah wakaf Al Jihad.

Pembelajaran Al Qur’an tersebut tidak dipungut biaya dan bagi yang ingin mengikuti kegiatan Al Qur’an ini dapat menghubungi Miseran (0812-5352-6455).

Baca juga: Kuatkan Hafalan Qur’an, SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Gelar Tasmi’ Hifzil Qur’an

Khusus untuk Kelompok Tahfidz Al Qur’an, Ketua Takmir Masjid Al Jihad Banjarmasin, H Taufik Hidayat ketika dihubungi mu4.co.id, Kamis (01/02/2024) menjelaskan dibuka pula Program Beasiswa Intensif Menghafal Al Qur’an 30 juz dalam 6 bulan bagi remaja laki-laki usia 15-23 tahun yang ingin menjadi penghapal Al Qur’an (hafidz).

“Saat ini kita datangkan pengajarnya dari Jakarta bekerjasama dengan Young Tahfizh Center untuk kelas Program Beasiswa Intensif Menghafal Al Qur’an 30 juz dalam 6 bulan dan bagi ikhwan (remaja laki-laki) yang berminat mengikuti pendidikan tahfidz di Masjid Al Jihad tersebut akan disediakan tempat menginap, makan dan minum juga disediakan. Dan asalkan tekun, berkomitmen dan serius mengikuti pendidikan hingga selesai, insyaa Allah diharapkan dalam 6 bulan sudah hafidz,” ungkap Taufik Hidayat.  

Kelas Program Beasiswa Intensif Menghafal Al Qur’an 30 juz dalam 6 bulan angkatan pertama ini terbatas untuk 5 orang dibimbing dan didampingi oleh satu orang ustaz khusus dari Jakarta.

Selesai pendidikan selama 6 bulan tersebut, maka santri yang dinyatakan lulus wajib mengabdikan diri dengan mengajarkan Program Tahfizh Al Qur’an 30 Juz kepada calon santri lain angkatan berikutnya.

Untuk pendaftaran Program Beasiswa Intensif Menghafal Al Qur’an 30 juz dalam 6 bulan dapat mengisi formulir berikut ini : bit.ly/programtahfizhmasjidaljihad

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!