Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 14:35

Menjadi Wirausahawan Sukses? Simak Kiat-kiatnya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Nurul Qomariah, S.E., Senior Relationship Manager Retail Bank Mualamat Sampaikan Materi Penguatan Tata kelola dan Manajemen Usaha Simpan Pinjam [Foto: Mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Lazismu Al-Jihad Banjarmasin gelar Pelatihan Kewirausahaan bertema “Penguatan Perekonomian Melalui Pemberdayaan UMKM” di Aula SD Muhammadiyah 8-10 Banjarmasin, Sabtu, (11/3/2023).

Workshop Kewirausahaan ini menghadirkan tiga narasumber. Masing-masing membawakan topik yang berkaitan dengan wirausaha, seperti Penentuan Harga Pokok Ditinjau dari Segi Agama, Pemasaran Digital, hingga Tata Kelola Usaha Simpan Pinjam.

Dr. H. Zaki Mubarak, M.Si., M.Fin., menyampaikan beberapa metode dalam menentukan harga. “Pertama, cost-plus pricing atau penetapan harga berdasarkan penambahan biaya. Kedua, competition-based pricing atau menetapkan harga melalui survei pasar atau pesaing. Ketiga, value-based pricing yaitu menentukan harga berdasar keunikan, kualitas, dan keunggulan produk. Kemudian ada skimming, memasang harga tinggi pada produk baru, setelah itu lama-lama harganya turun,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, ada metode seperti penetration pricing. Pada hal ini, cara menentukan harga adalah dengan memberi potongan harga di awal penjualan, kemudian normalkan kembali harganya.

Workshop Kewirausahaan Oleh Lazismu Al-Jihad [Foto: Mu4.co.id]

Sedangkan materi kedua dibawakan oleh M. Rizky Fadhillah, S.ST., M.Tr.Bns., CIRBD. Ia mengatakan bahwa promosi, relasi, dan kualitas produk itu harus dijaga untuk meningkatkan penjualan.

“Pemanfaatan dari media sosial harus dimaksimalkan. Dengan gadget yang dipunya, Bapak Ibu bisa langsung mempromosikan produk yang dijual lewat status media sosial. Kesulitan mencari pelanggan kini sudah tidak bisa menjadi alasan,” terangnya.

Rizky Fadhillah juga menyarankan agar pelaku usaha menggunakan ads (iklan) pada sosial media untuk mempromosikan produk mereka. “Hal yang perlu diperhatikan ketika memasarkan adalah bagaimana (penampilan) produk yang dijual. Maka tentu kita harus menyiapkan foto, brosur, atau sebuah informasi yang sifatnya bisa menarik masyarakat.”

[post-views]
Selaras