Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 00:17

Mengenalkan Ibadah Haji, IGABA Gelar Manasik untuk TK ‘Aisyiyah Se-Kota Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Anak-anak mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Manasik haji merupakan simulasi haji sebelum benar-benar melaksanakan ibadah di Makkah. Selain untuk jemaah calon haji, manasik haji juga biasanya dilakukan oleh anak sekolah khususnya TK.

Dalam menyambut musim haji, Ikatan Guru ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) yang diketuai oleh Hikmah, S. Pd I. S.Pd, gelar acara tahunan yaitu Manasik Haji untuk sekolah TK ‘Aisyiyah se-Kota Banjarmasin. Acara ini digelar di Upik Indoor Futsal, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu, 8 Mei 2024 dengan Herlawati, S.Pd. MA sebagai ketua pelaksana.

Manasik haji yang diadakan oleh IGABA ini dihadiri oleh 27 TK ‘Aisyiyah dengan jumlah total 900 peserta manasik haji. Dari 900 peserta, mereka dibagi menjadi 44 regu.

Baca Juga: Peringati Hari Kartini, PAUD ‘Aisyiyah2 Banjarmasin Gelar Jalan Santai dengan Baju Adat dan Profesi!

Acara dimulai pada pukul 08.30 WITA hingga 12.00 WITA. Dimulai dengan Menyanyikan Indonesia Raya, Mars Kayuh Baimbay, ‘Aisyiyah, dan Mars IGABA. Kemudian dilanjut oleh Laporan dari Ketua Panitia, sambutan-sambutan oleh Pengawas Banjarmasin Utara dan PDA ‘Aisyiyah Banjarmasin, kemudian Do’a oleh Syafani, S.Pd.i.

Anak-anak perempuan diperkenankan memakai busana muslimah berwarna putih, sedangkan laki-laki memakai kain ihram. 

Rangkaian manasik haji pun dimulai dari Sholat Sunnah, Wukuf di Arafah, kemudian Tawaf, dilanjut dengan Sa’i, melempar tiga jumrah, dan Tahalul atau menggunting rambut. Kemudian dilanjut dengan pembagian air zam-zam.

Baca Juga: Ajarkan Kebaikan, Paud ‘Aisyiyah Terpadu 2 Banjarmasin Berbagi Ratusan Sembako

Manasik haji dibimbing oleh perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah. Dipimpin oleh Ustadz Khairul Anam, acara ini berjalan dengan khidmat.

Acara ini diharapkan para murid mengenal dan mengetahui makna dari gerakan haji. Mengingat sekarang sedang mendekati musim haji.

“Harapan pada kegiatan manasik Haji ini diharapkan anak-anak mengenal kegiatan dan gerakan haji, siapa tau saat mereka berdoa di kegiatan manasik haji ini di ijabah Allah dan terkabul entah kapan, dan menjalin silaturahim antar anak-anak TK, orangtua murid, dan guru-guru TK ‘Aisyiyah se-Kota Banjarmasin dan ingin mengenalkan keberadaan IGABA(Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal),” ungkap Editawati Tauhidiyah S.Pd. AUD selaku Kepala Sekolah TK ‘Aisyiyah 2 Banjarmasin sekaligus Panitia Manasik Haji.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!