Media Berkemajuan

18 April 2024, 21:55

Masih Muda, Dosen UIR Ini Jadi Guru Besar Bidang Teknik Geologi Termuda di Indonesia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Prof. Husnul Kausarian, B.Sc[Hons]. M.Sc., Ph.D. [Foto: Website UIR]

Pekanbaru, mu4.co.id – Mencapai puncak karir dalam bidang akademik sebagai seorang Guru Besar adalah impian yang diidamkan oleh setiap dosen. Meskipun tidak mudah, Prof. Husnul Kausarian, B.Sc(Hons). M.Sc., Ph.D berhasil mencapai prestasi tersebut sebagai Guru Besar dalam bidang Teknik Geologi dan menjadi salah satu yang termuda di Indonesia pada usia 37 tahun.

Husnul Kausarian ialah seorang dosen di Program Studi Teknik Geologi di Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR). Husnul lahir di Dumai, Riau, 14 Februari 1986 dan telah menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengahnya di Riau. Gelar sarjana dan magister diperolehnya dari National University of Malaysia, sementara gelar doktoralnya diraih dari Chiba University, Jepang, pada tahun 2017.

“Sejak awal masuk UIR saya telah menghibahkan sepenuhnya diri ini untuk Universitas. Berbekal niat baik tersebut Allah beri kemudahan dalam berbagai kegiatan salah satunya menyelesaikan penelitian dengan target terbit pada jurnal bersinta”, ucap Husnul Kausarian dikutip dari GoRiau.com, Sabtu (17/2).

Baca Juga: Tim Arkeolog Berlin Temukan Benteng Tertua di Dunia!

Pendidikan S3 Husnul Kausarian berfokus pada geologi satelit dan penginderaan jauh untuk pemetaan sumber daya alam. Ia lulus dengan predikat summa cum laude dan meraih penghargaan sebagai wisudawan terbaik. Selain itu, ia juga diakui sebagai dosen sains eksakta terbaik di UIR pada tahun 2018 dan LLDIKTI X ditahun yang sama.

Selain dosen, Husnul juga aktif dalam penelitian kolaborasi dengan berbagai pihak dari skala lokal hingga internasional, termasuk pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan rekan kerja dari negara luar seperti Jepang, China, dan Eropa.

Husnul memiliki minat dalam riset geologi dan kebumian dengan fokus pada pengembangan geosains dan penginderaan jauh menggunakan teknologi satelit. Beberapa hasil penelitiannya telah disajikan dalam seminar dan konferensi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga Modus Penipuan Baru, Perintah Scan QR Code dan Ganti Password

Selain aktif di bidang akademis, Husnul juga terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi dan sosial. Dia juga memiliki keterlibatan yang signifikan dalam industri Migas, seperti membantu BUMD PT Riau Petroleum memperoleh hak pengelolaan Blok Migas di Provinsi Riau dengan Participating Interest (PI) sebesar 10%.

“UIR adalah rumah kedua bagi saya, terimakasih kepada Rektor beserta jajaran yang telah mengizinkan saya untuk tetap beraktivitas diluar kampus. Selain sebagai dosen saya juga menjabat sebagai Direktur PT Riau Petroleum salah satu BUMD di Riau,’’ jelasnya.

Prof. Husnul Kausarian, M.Sc., Ph.D, kini menjabat sebagai Guru Besar Teknik Geologi termuda di Indonesia, dan menjadi yang pertama di Sumatra. Ia juga menjadi Guru Besar ke-20 bagi Universitas Islam Riau (UIR).

Sumber: GoRiau

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!