Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 07:49

Modus Penipuan Baru, Perintah Scan QR Code dan Ganti Password

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Penipuan QR Code
Penipuan modus baru, perintah scan QR Code dan ganti password [Foto: ibid.astra.co.id]

Jakarta, mu4.co.id – Kejahatan siber sekarang menggunakan modus penipuan baru melalui QR Code sebagai alat untuk mengelabui korbannya dengan perintah scan (pindai) QR Code dan ganti password.

Modusnya, para calon korban akan menerima email yang terlihat seakan-akan dikirimkan dari perusahaan besar seperti Microsoft atau layanan cloud Office 365 yang berisi kode QR.

Namun, isi email tersebut mencurigakan. Singkatnya email ini akan meminta calon korbannya untuk memindai kode QR untuk mengakses akun mereka.

Baca juga: Penipuan Digital Merajalela, Iming-iming Dapat Uang dari Like YouTube

Dikutip dari laman cnnindonesia.com, Selasa (30/1), email semacam ini berisi pemberitahuan yang mengatakan bahwa kata sandi akun calon korban akan segera kadaluarsa, setelah itu akan kehilangan akses ke email, sehingga kata sandi harus segera diubah dan diperlukan pemindaian QR Code di email dan mengikuti instruksinya.

Pada intinya pelaku akan mengiring pengguna untuk memindai kode QR sebagai solusi terakhir dari masalah yang ‘diciptakan’ pengirim.

Baca juga: Jangan Asal Scan QR Code! Bisa Kuras Rekening Bank

“Pengirim ingin mencoba mengelabui pengguna yang tidak waspada. Mereka juga mungkin berharap penerima sudah familiar dengan aplikasi autentikator yang memang menggunakan kode QR.” kata Kaspersky dalam keterangan resminya.

Oleh karena itu, jika menerima email yang meminta untuk mengonfirmasi sesuatu, atau masuk ke akun, atau mengatur ulang kata sandi, atau melakukan tindakan serupa, dan email ini hanya berisi kode QR, mungkin itu adalah sebuah penipuan.

Anda dapat mengabaikan dan menghapus email tersebut. Dan jika perlu memindai kode QR dari sumber yang tidak dikenal.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!