Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 02:34

Keseruan Wisata Dakwah dan Bakti Sosial PCM Banjarmasin 13 ke Kotabaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Wisata Dakwah dan Bakti Sosial PCM Banjarmasin 13 ke Kotabaru, dalam rangka Puncak Rangkaian Kegiatan Milad ke-111 Muhammadiyah [Foto: mu4.co.id]

Kotabaru, mu4.co.id – Puncak dari rangkaian kegiatan semarak Milad ke-111 Muhammadiyah yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Banjarmasin 13 bersama Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin (M3B) adakan wisata dakwah ke Kotabaru, pada Sabtu-Senin, (23-25/12/2023).

Secara keseluruhan terdapat 10 rangkaian kegiatan syiar Milad Muhammadiyah yang diselenggarakan selama 2 bulan (November dan Desember) oleh PCM Banjarmasin 13 diantaranya yaitu:

(1) pembuatan Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah (KTAM) kolektif, (2) refleksi milad, (3) pembagian bingkisan milad, (4) pembagian beras gratis 2 kali, (5) donor darah ke-26, (6) pemeriksaan kesehatan gratis, (7) khitanan massal gratis ke-20, (8) safari dakwah ulama Palestina, (9) bakti sosial, dan (10) wisata dakwah.

Baca juga: Pembuatan KTAM Kolektif-Gratis dalam Semarak Milad Muhammadiyah Ke-111

Adapun, kegiatan wisata dakwah ke Kotabaru, Kabupaten Pulau Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berjarak 283 km dari Kota Banjarmasin ini dirangkai dengan bakti sosial, dengan jumlah 40 orang yang terdiri dari pimpinan PCM, pengurus masjid, relawan, dan jemaah masjid. Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua PCM Banjarmasin 13, Muhdar, M.Pd.

Dalam perjalanan, kafilah singgah di Masjid Terapung Ziyadatul Abrar, Masjid yang berdiri di atas laut yang baru saja diresmikan dan menjadi destinasi wisata religi baru di Kalsel, yang berada di pinggiran jalan raya Pagatan.

Baca juga: Pertama di Kalimantan, Masjid Apung Tanah Bumbu Diresmikan

Pada waktu Maghrib kafilah tiba di Masjid Al-Istiqomah, Kotabaru, dan diadakan kajian yang diisi langsung oleh Ketua Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin, Ustaz Dr. M. Arif Budiman, dengan materi yaitu “Membangun Ukhuwah Iqtishadiyah”, yang dilanjutkan dengan silaturrahim dan ramah tamah dengan PDM Kotabaru beserta pengurus Masjid Al-Istiqomah yang disambut dengan hangat.

Keesokan harinya, di Masjid Al-Jihad, di Jl. Hasan Basri, diagendakan shalat subuh berjamaah dan kajian agama, yang diisi kembali oleh Dr. M. Arif Budiman dengan materi tentang “Ukhuwah dan Syafaat dari Orang-orang yang Beriman”.

Pada hari kedua (24/12), kafilah wisata dakwah PCM Banjarmasin 13 bertolak ke sejumlah destinasi wisata unggulan di Kotabaru dalam rangka tadabbur alam, dengan tujuan pertama yaitu Bukit Mamake yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, musala, toilet, warung kuliner, dan jembatan pandang. Dari puncak bukit Mamake, perjalanan dilanjutkan ke Pantai Gedambaan di Sarang Tiung. Kafilah dakwah terlihat menikmati keindahan kawasan pantai.

Baca juga: Rangkaian Milad Ke-111 Muhammadiyah, PWM Kalsel: Upaya Ikhtiar Menyelamatkan Semesta

Kemudian kafilah dilanjutkan menuju Panti Asuhan atau LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Al-Istiqomah di Jl. Bima, Pulau Laut Sigam, Kotabaru. Di LKSA ini, kafilah dakwah PCM Banjarmasin 13 dan M3B melaksanakan bakti sosial dengan menyalurkan paket sambako untuk 34 anak-anak yang tinggal disana.

Pada hari ketiga (25/12), kafilah mengakhiri kunjungan di Kotabaru dan bertolak ke Banjarmasin melalui pelabuhan Tarjun. Selain mengunjungi LKSA Al-Istiqomah, Kafilah PCM Banjarmasin 13 bersama M3B juga bersilaturrahim ke LKSA Permata Hati Di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu sambil meninjau berbagai fasilitas dan layanan terhadap anak-anak yang tersedia di LKSA tersebut.

Kunjungan ke LKSA Al-Istiqomah di Kotabaru dan LKSA Permata Hati di Batulicin ini dimaksudkan sebagai studi tour dan benchmarking (pembanding) untuk pengelolaan LKSA di lingkungan PCM Banjarmasin 13 yang saat ini telah memiliki LKSA Putra Al-Muhajirin dan sebentar lagi juga akan mendirikan LKSA Putri Al-Muhajirin.

Sementara itu, kegiatan wisata dakwah dan bakti sosial sendiri merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh PCM Banjarmasin 13 bersama M3B untuk menjalin dan mengeratkan ukhuwah dengan sesama pengurus masjid Muhammadiyah di daerah lain di luar Banjarmasin, yang pada tahun-tahun sebelumnya, telah dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut, Barito Kuala, dan Kabupaten Banjar.

Ketua PCM Banjarmasin 13, Muhdar, M.Pd mengatakan, “Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak atas kerja sama dan dukungannya sehingga kegiatan wisata dakwah dan bakti sosial ke Kotabaru yang diselenggarakan bersama-sama antara PCM Banjarmasin 13 dan Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin sebagai penutup rangkaian kegiatan Milad ke-111 Muhammadiyah di lingkungan PCM Banjarmasin 13 ini dapat berjalan selamat, lancar, dan sukses.”

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!